STKIP PGRI BLITAR

PROFIL LITERASI MAHASISWA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PAGI (PEDULI, AMANAH, GIGIH, DAN INOVATIF)

Suryanti, Suryanti and Riki , Suliana RS and Cicik , Pramesti and Ayu , Silvi Lisvian Sari (2023) PROFIL LITERASI MAHASISWA DALAM MEMBANGUN KARAKTER PAGI (PEDULI, AMANAH, GIGIH, DAN INOVATIF). Cakrawala Pendidikan, 27 (1). pp. 101-110. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1496Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/

Abstract

Abstrak: Pada era digital saat ini, sumber informasi mudah didapatkan. Kemampuan literasi mahasiswa dalam menelaah berbagai informasi menjadi penting. Informasi yang diperoleh mahasiswa diharapkan membangun karakter peduli, amanah, gigih, dan inovatif (karakter semangat PAGI). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil literasi mahasiswa dalam membangun karakter PAGI. Penelitian ini menggunakan metode penelitan deskriptif kuantitatif. Profil literasi mahasiswa dalam penelitian ini merujuk pada dua kategori yaitu nilai-nilai karakter dan literasi tindakan. Sepuluh indikator menunjukkan bahwa mahasiswa telah menumbuhkan karakter PAGI. Sedangkan pada literasi tindakan, dari sepuluh indikator, mahasiswa lebih banyak menunjukkan partisipasinya pada aktivitas membaca, dibandingkan aktivitas menulis. Kata Kunci: profil, literasi, karakter Abstract: In the digital era, sources of information are easy to find. The literacy ability of students in analyzing various information is essential. The information obtained by students is expected to build caring, trustworthy, persistent, and innovative characters (the character of the semangat PAGI). This research aims to describe the literacy profile of students in building PAGI character. This study uses a quantitative descriptive research method. The profile of student literacy in this study refers to two categories, namely character values and action literacy. Ten indicators show that students have grown the character of the PAGI. Whereas inaction literacy, of the ten indicators, students participated more in reading than writing activities. Keywords: profile, literacy, character

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:1003
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:11 Aug 2023 15:10
Last Modified:11 Aug 2023 15:10

Repository Staff Only: item control page