STKIP PGRI BLITAR

ADOBE FLASH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP IT SUNAN KALIJAGA TAHUN AJARAN 2022/2023

Riki, Suliana and Cicik , Pramesti and Suryanti , Suryanti and Ayu , Silvi Lisvian Sari (2023) ADOBE FLASH BERBASIS KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGIEMPAT KELAS VII SMP IT SUNAN KALIJAGA TAHUN AJARAN 2022/2023. Cakrawala Pendidikan, 27 (2). pp. 45-58. ISSN 1410-9883

[img]PDF
683Kb

Official URL: http://id.stkippgri-blitar.ac.id/digilib

Abstract

Abstrak: Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran matematika materi segiempat menggunakan Adobe Flash berbasis kontekstual di kelas VII-A SMP IT Sunan Kalijaga. Instrumen yang digunakan adalah Buku Petunjuk Penggunaan Sega Sepat, Tes Akhir Siklus dan Observasi Kegiatan Guru dan Siswa. Hasil yang didapat: rata-rata hasil Buku Petunjuk Penggunaan Sega Sepat adalah 80,2 dengan kategori baik, tes akhir siklus keberhasilan klasikal yaitu 75%, rata-rata hasil observasi guru diperoleh 85,5% dengan kategori sangat baik, sedangkan rata-rata hasil observasi siswa diperoleh 86,8% dengan kriteria sangat baik. Sehingga peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika materi segiempat menggunakan Adobe Flash berbasis kontekstual kelas VII-A di SMP IT Sunan Kalijaga tahun 2022/2023 telah berhasil. Kata Kunci: Matematika, Adobe Flash, Kontekstual dan Segiempat. Abstract: This study aims to describe the application of mathematics learning quadrilateral material using Adobe Flash based contextual in class VII-A of Sunan Kalijaga IT Middle School. This type of research is Classroom Action Research in class VII-A of Sunan Kalijaga IT Middle School School. The instrument used is a Guide to the Use of Sega Sepat, Cycle Final Test and Observation of Teacher and Student Activities. The results obtained: the average results of the Guide to the Use of Sega Sepat are 80.2 with good categories, the cycle final test of the classical success is 75%, the average results of teacher observation are 85.5% with a very good category, while the average the results of student observations obtained 86.8% with very good criteria. So the researcher concluded that the application of mathematics learning quadrilateral using Adobe Flash based contextual on VII-A class at Sunan Kalijaga IT Middle School in 2022/2023 was successful. Keywords: Mathematics, Adobe Flash, Contextual and Quadrilateral

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:1009
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:02 Feb 2024 23:54
Last Modified:02 Feb 2024 23:54

Repository Staff Only: item control page