STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN TAHAPAN NEWMAN BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI STATISTIKA DI SMP PLUS ASY SYUKUR SEMBON

Sitta , Khoirin Nisa (2024) PENERAPAN PEMECAHAN MASALAH DENGAN TAHAPAN NEWMAN BERBANTU LEMBAR KERJA SISWA (LKS) DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA MATERI STATISTIKA DI SMP PLUS ASY SYUKUR SEMBON. Cakrawala Pendidikan, 28 (1). pp. 22-29. ISSN 1410-9883

[img]PDF
785Kb

Official URL: http://id.stkippgri-blitar.ac.id/digilib

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan suatu mata pelajaran yang tidak hanya mengajarkan mengenai bilangan atau cara hitung mengitung, tetapi juga mengenai penataan cara berpikir, terutama dalam melakukan evaluasi hingga kemampuan untuk memecahkan suatu permasalahan. Karena itulah diperlukan pemecahan masalah dengan tahapan Newman untuk mengatasi permasalah yang ada. Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan pemecahan masalah dengan tahapan Newman berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam menyelesaikan soal pada materi statistika di SMP Plus Asy Syukur Sembon. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, lembar kerja siswa dan lembar observasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, hasil pelaksanaan tes diperolehan rata-rata nilai tes adalah 80 (baik) dengan ketuntasan klasikal kelas sebesar 93,75% . Untuk hasil lembar kerja siswa, semua kelompok terkategori sangat baik. Dan untuk lembar observasi guru rata-rata perolehan skor 71,25 dengan kategori sangat baik, sedangkan lembar observasi siswa rata-rata diperoleh skor 69,25 dengan kategori sangat baik. Dengan hal ini menjadi dasar peneliti menyimpulkan bahwa penerapan pemecahan masalah dengan tahapan Newman berbantu Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam menyelesaikan soal pada materi statistika di SMP Plus Asy Syukur Sembon semester genap dikatakan berhasil. Kata Kunci: Pemecahan Masalah, Tahapan Newman, Lembar Kerja Siswa, Statistika Abstract: Mathematics is a subject that not only teaches about Numbers or how to calculate, but also about how to improve thinking, especially in doing an evaluation down to the ability to solve a problem. That's why it takes a problem solving with the Newman phase Solve the existing problems. The research aims to know application of problem solving with Newman helps the student worksheet (LKS) in resolving problems at the statistika material at the junior high plus lemon thankfully. The method of research used on this study is class-action research. The data collecting techniques used are tests, student worksheets and observation sheets. Based on the research that has been done, the results of the average achievement of the test scores are 80 (good) with a 93,75% grade rating rating. For students' work sheets, all category groups are excellent. And for the teacher observation sheet the average score of 71,25 in excellent category, whereas the average student observation sheet achieves the 69,25 score in an excellent category. With this being the basis for researchers concluded that the application of problem solving with the Newman step-by-step assists the student workbook (LKS) in finishing the statistika material at the junior high plus the semesters of credit year was actually successful. Keywords: Problem Solving, Newman Phase, Student Worksheet, Statistics

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:1015
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:21 Jul 2024 07:24
Last Modified:21 Jul 2024 07:24

Repository Staff Only: item control page