STKIP PGRI BLITAR

MISKONSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN GEOMETRI DASAR DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME

Kristiani, Kristiani (2024) MISKONSEPSI MAHASISWA PADA PERKULIAHAN GEOMETRI DASAR DITINJAU DARI TEORI KONSTRUKTIVISME. Cakrawala Pendidikan, 28 (2). pp. 28-37. ISSN 1410-9883

[img]PDF
360Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/

Abstract

Abstrak: Geometri Dasar adalah matakuliah yang sering dianggap mahasiswa mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi pada perkuliahan ini terjadi karena banyak faktor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan miskonsepsi mahasiswa pada perkuliahan geometri dasar ditinjau dari teori konstruktivisme. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa tingkat I prodi pendidikan matematika UNIPA kampus Blitar. Instrumen penelitian ini adalah lembar tes dan pedoman wawancara. Kesimpulan dari penelitian ini adalah miskonsepsi mahasiswa pada perkuliahan geometri dasar ditinjau dari teori konstruktivisme karena pengetahuan awal mahasiswa yang masih rendah, keaktifan mahasiswa dalam perkuliahan yang kurang yang disebabkan pembelajaran daring, kemampuan mengkonstruksi hubungan antara dalil dan postulat yang belum sesuai, kemampuan menjelaskan kembali hasil yang dikerjakan dan kemampuan membuat kesimpulan dari masalah yang dihadapi Kata Kunci: Miskonsepsi, Geometri, Konstruktivisme Abstract: Basic Geometry is a course that is often considered by students to have misconceptions. Misconceptions in this course occur due to many factors. The purpose of this study is to describe students' misconceptions in basic geometry courses reviewed from the theory of constructivism. This type of research is descriptive qualitative research. The subjects of this study were first-year students of the Mathematics Education Study Program at UNIPA, Blitar Campus. The research instruments were test sheets and interview guidelines. The conclusion of this study is that students' misconceptions in basic geometry courses reviewed from the theory of constructivism are due to students' low initial knowledge, students' lack of activeness in lectures due to online learning, the ability to construct relationships between propositions and postulates that are not yet appropriate, the ability to re-explain the results of the work and the ability to draw conclusions from the problems faced Keywords: Misconceptions, Geometry, Constructivism

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:1023
Deposited By:FERI HUDA, M.Pd
Deposited On:09 Jan 2025 15:08
Last Modified:09 Jan 2025 15:08

Repository Staff Only: item control page