SURYO, WIDODO (2007) INTERAKSI PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PORTFOLIO DAN MOTIVASI SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI SMP. Cakrawala Pendidikan, 9 (1). pp. 73-86. ISSN 1410-9883
PDF 14Mb |
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bcrtujuan untuk: (1) mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang mcngikuti pembelajaran dengan portfo¬lio dan pembelajaran tidak menggunakan portfolio?, (2) mengkaji ada tidaknya perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah?. (3) mengkaji ada tidaknya interaksi antara model pembelajaran portfolio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika? Sampel penelitian terdiri empat kelas yang diambil secara acak dari dclapan kelas yang menjadi populasi yaitu siswa SMPN 1 Grogol Kediri. Penelitian menggunakan ekperimen dengan desain faktorial 2x2. Dari analisis diperoleh hasil bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran dengan portfolio dan pembelajaran tidak menggunakan portfolio, (2) ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah. (3) ada interaksi yang signifikan antara model pembelajaran portfolio dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. Kata kunci: portfolio, motivasi, hasil belajar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
ID Code: | 106 |
Deposited By: | DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM |
Deposited On: | 20 Feb 2013 12:47 |
Last Modified: | 20 Feb 2013 12:47 |
Repository Staff Only: item control page