STKIP PGRI BLITAR

SOME TECHNIQUES TO SOLVE SPEAKING PROBLEM

FERI, HUDA, M.Pd (2012) SOME TECHNIQUES TO SOLVE SPEAKING PROBLEM. Cakrawala Pendidikan, 14 (1). pp. 1-7. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
13Mb

Abstract

Permasalahan yang dihadapi dosen ketika mengajar mata kuliah speaking adalah; para mahasiswa biasanya malu untuk mengekpresikan perasaannya, ide atau harapannya. Hal ini disebabkan merekatakut membuat kesalahan, takut ditertawakan oleh teman-teman sekelas mereka, atau dikritik secara langsung di kelas (Marwan, 2008:120). Wadden and McGovern (1991, dikutip di Harmer, 2001) menghubungkan masalah ini dengan kebiasaan para mahasiswa yang enggan berbicara dengan bahasa sasaran (bahasa Inggris). Hammer telah menemukan beberapa alasan atas keengganan mereka dalam berbicara bahasa Inggris. Salah satunya adalah rendahnya kepercayaan diri mahasiswa yang merupakan hasil dari kurangnya penghargaan dosen dan teman sekelasnya. Hal ini sejalan dengan alasan lain atas keengganan para mahasiswa dalam berbicara bahasa Inggris yang dikemukakan oleh Johns dan Johns (yang dikutip di Flowerdew & Peacock, 2001), yaitu ketidak percayaan diri mahasiswa pada kemampuan diri mereka untuk mengekpresikan diri, menyampaikan ide dalam bahasa Inggris dan kemampuan merespon jawaban dengan cepat pada diskusi. Oleh karena itu, sebaiknya para dosen yang mengajar speaking hendaknya memberikan pemahaman pada para mahasiswa bahwa kesalahan dalam bel&iar speaking adalah alami dan sebaiknya tidak dijadikan bahan olok-olokan (Stoakley, 2006:104). Kata kunci: teknik, permasalahan speaking Problems faced by lecturer when teaching speaking are the students are usually shy to express their feeling, ideas, or wishes. This may be caused by being afraid of making mistakes, being laughed at by their classmates, or being criticized in the classroom (Marwan, 2008:120). Wadden and McGovern (1991, cited in Harmer, 2001) related these problems to the students' behavior in which they are unwilling to speak in the target language (English). Hammer has found some other reasons for this unwillingness. One of them is the students' low self-esteem which may result from lack of respect from the lecturers and the peers. This is in line with other reasons found by Johns and Johns (cited in Flowerdew & Peacock, 2001), namely students' lack of confidence in their ability to express themselves as well as in their ability to formulate ideas in English and to respond quickly in a discussion. It is, then, imperative for every lecturer who teaches speaking to make students aware that mistakes are natural and should not to be looked down (Stoakley, 2006:104). Key words: technique, speaking problem

Item Type:Article
Subjects:L Education > LA History of education
L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:107
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:20 Feb 2013 13:19
Last Modified:20 Feb 2013 13:20

Repository Staff Only: item control page