STKIP PGRI BLITAR

REALITAS PERUBAHAN MASYARAKAT MENUJU DROMOLOGI PENDIDIKAN BERTENTANGAN DENGAN PILAR-PILAR PEMBELAJARAN UNESCO

Dra. KARYATI, M.Si (2012) REALITAS PERUBAHAN MASYARAKAT MENUJU DROMOLOGI PENDIDIKAN BERTENTANGAN DENGAN PILAR-PILAR PEMBELAJARAN UNESCO. Cakrawala Pendidikan, 14 (1). pp. 15-20. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
13Mb

Abstract

Pada saat ini masyarakat dibawa kemelimpahruahan fast food yang menggiring masyarakat untuk memiliki gaya hidup instan, makanan instan, pekerjaan instan. Pada akhirnya dalam dunia pendidikan juga ikut arus pusaran percepatan, sekarang masyarakat ingin serba cepat untuk bisa mendapatkan hasil. Mereka tidak mau melalui proses yang melelahkan yang menuntut ketekunan, kesabaran, kerja keras dan perjuangan, mereka ingin serba cepat (Darmaningtyas, 2005:12). Dari sinilah muncul istilah dalam dunia pendidikan program ekstensi kelas jarak jauh kelas khusus, kelas ekskutif, kelas Sabtu Minggu, belum lagi adanya plagiat thesis, padatingkat S2 maupun disertasi S3. Inilah yang disebut dengan dromologi pendidikan (percepatan) akhirnya melahirkan pendidikan instan, tidak melalui proses belajar tetapi langsung mendapat ijasah. Hal ini bertentangan dengan pilar-pilar pembelajaran yang dikeluarkan oleh UNESCO: learning to know, learning to do, learning to life together dan learning to be. Kata kunci: realitas, dromologi pendidikan, pilar-pilar pembelajaran Abstract: Nowadays society is served with plenty of fast food that leads them to have instant life style, instant food, and instant job. And finally in education world also follows that instant mode. Society wants everything instantly. They do not want to pass tiring process that need diligently, patience, hard working, and struggle, they just wants something instant. (Darmaningtyas, 2005:12). From this case, there is new term in education world, i.e. extension long distance class, special class, executive class, Saturday and Sunday class, moreover, thesis plagiarism in post graduate program (S2), dissertation plagiarism in doctoral program (S3). This is what we call education dromologi (acceleration) that create instant education, without passing learning process but straightly to get certificate. This is not suitable with learning pillars that issued by UNESCO: learning to know, learning to do, learning to life together and learning to be. Key words: reality, education dromologi, learning pillars

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:110
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:21 Feb 2013 05:03
Last Modified:23 Feb 2013 06:40

Repository Staff Only: item control page