STKIP PGRI BLITAR

MOTIVASI BERPRESTASI (INTERNAL VS EKSTERNAL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELA JARAN KOOPERATIF

AGUS, BUDI SANTOSA (2012) MOTIVASI BERPRESTASI (INTERNAL VS EKSTERNAL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA PEMBELA JARAN KOOPERATIF. "Cakrawala Pendidikan" Published by "STKIP PGRI Blitar" , 14 (1). pp. 44-51. ISSN 1410 - 9883

[img]PDF
14Mb

Abstract

Kurangnya pemberian motivasi dosen terhadap mahasiswa menjadi perhatian pe-neliti untuk mengetahui pengaruh dan kontribusi motivasi eksternal (dilakukan guru) dan motivasi instrinsik (tanpa motivasi dari guru) terhadap prestasi belajar dengan menggunakan pendekatakan pembelajaran kooperatif, yang memungkinkan mahasiswa mengembangkan kreativitas untuk menghasilkan produk yang bersumber dari pemahaman mereka terhadap konsep yang sedang dikaji. Dari hasil analisis anova untuk menguj i hipotesis penelitian diketahui bahwa hipotesis yang diajukan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga simpulan penelitian ini adalah : Ada perbedaan yang nyata antara prestasi belajar di antara kelompok eksperimen (dengan perlakuan pembelajaran kooperatif dengan diberi motivasi guru) dengan kelompok kontrol. Ada perbedaan yang nyata antara prestasi belajar terhadap tingkat motivasi. Ada interaksi yang signifikan antara dua faktor (perlakuan pembelajaran dengan pemberian motivasi dan tingkat motivasi berprestasi) secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar. Perhitungan koefisien determinasi variabel bebas [pembelajaran dengan memberikan motivasi (eksternal vs internal) dan tingkat motivasi berprestasi berpengaruh cukup besar (82,7%) terhadap variabel terikat (prestasi belajar). Kata Kunci: Motivasi Berprestasi (Internal vs Eksternal), Prestasi Belajar dan Pembela¬jaran Kooperatif Abstract: Lack of motivation of lecturers to students to the attention of researchers to find out the contribution of external influences and motivations (done guru) and the motivation of (without the motivation of teachers) of learning achievements by using cooperative learning pendekatakan, which allows students to develop creativity to produce products that are sourced from their understanding of the concepts that are being examined. From the results of the analysis of anova to test hypothesis research note that the hypothesis proposed Ha received and Ho denied. So that the conclusions of this research are: There is a noticeable difference between learning achievements among experimental group (with cooperative learning with the treatment given the motivation of teachers) with the control group. There is a noticeable difference between learning achievements with respect to the level of motivation. There is a significant interaction between the two factors (learning by administering treatment motiva¬tion and motivational level overachievers) together affect learning achievements. Calculation of the coefficient of determination of the free variables [learning by providing motivation (internal vs. external) and the level of motivation of overachievers] effect is large enough (82,7%) against variables bound (learning achievements). Keywords: Motivation Achievers (Internal vs. external), Learning and Cooperative Learning Achievements

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:116
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:21 Feb 2013 06:17
Last Modified:21 Feb 2013 14:55

Repository Staff Only: item control page