STKIP PGRI BLITAR

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMAS PRODUK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK

Drs. EKBAL, SANTOSO, M.Pd (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMAS PRODUK MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK. Cakrawala Pendidikan, 14 (1). pp. 59-67. ISSN 1410-9883

[img]PDF
16Mb

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan proses pembela-jaran berbasis proyek dan peningkatan kemampuan mengemas produk dan motivasi belajar siswa. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas XII Penjualan Semester Genap Tahun Pelajaran 2010/2011 berjumlah 34 anak. Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, catatan lapangan, observasi dan tes, analisis data yang digunakan dengan menggunakan analisa kuantitatif persentase dengan kriteria belajar tuntas. Hasil penelitian: (1) Penerapan pengajaran berbasis proyek siswa dilakukan melalui lima tahapan, yaitu (a) menghadapkan siswa pada masalah riil di lapangan, dan mendorong mereka mengidentifikasi masalah riil, (b) siswa diminta menemukan alternatif dan merumuskan strategi pemecahan masalah, (c) siswa dibimbing melakukan perencanaan, (d) siswa dibimbing memproduksi/melakukan pembungkusan yang telah didesain pada tahap sebelumnya dan (e) pameran hasil karya siswa dan melakukan evaluasi yang menjadi umpan balik mereka. (2) pembelajaran mengemas produk dengan model pengajaran berbasis proyek dapat meningkatkan kemampuan siswa yaitu peningkatan ketun-tasan belajar siswa sebesar 26% dimana pada siklus I sebesar 74% menjadi 100% pada siklus II dan (3) Pembelajaran mengemas produk dengan model pengajaran berbasis proyek dapat meningkatkan motivasi belajar siswa, terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II pada kategori sangat baik meningkat 20,59% dan kategori baik meningkat 41,17%. Peningkatan ini terutama pada aspek minat, perhatian dan partisipasi siswa dalam belajar. Kata kunci: pembelajaran berbasis proyek, mengemas produk Abstrak: The purpose of this research is to describe the implementation of project-based learning and improvement of product packaging capabilities and motivation of students. Ob¬jectives of this study is a class XII Sales student of Semester Lesson 2010/2011 which amounted to 34 children. Data collection used were questionnaires, field notes, observations and tests, analysis of the data used by using quantitative analysis of the percentage of the criteria studied thoroughly. Results of the study: (1) The application of project-based teaching class XII stu¬dents SMK PGRI 4 Kota Blitar through five stages, namely (a) exposes Sales students to real problems in the field, and encourage them to identify the real problem, (b) students are asked to find alternative and formulate problem-solving strategies (c) students guided planning (de¬signing), (d) students are guided to produce / make packaging that has been designed in the previous stage (producing / creating) and (e) show the results student work and evaluate the feedback. (2) learning package the product with a model of project-based teaching can im¬prove students' skills are improved thoroughness of student learning by 26% whereas in the I cycle by 74% to 100% in the second cycle, and (3) Learning to package the product with a model of project-based instruction can improve students' motivation, an increase from cycle I to cycle II on a very good category increased 20.59% and 41.17% increases both categories. The increase was mainly on aspects of interest, concern and participation in learning.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:119
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:21 Feb 2013 06:44
Last Modified:21 Feb 2013 14:54

Repository Staff Only: item control page