STKIP PGRI BLITAR

GRAMMATICAL ERRORS ON WRITING

Drs. SAIFUL, RIFA'I, M.Pd GRAMMATICAL ERRORS ON WRITING. Cakrawala Pendidikan, 14 (1). pp. 99-103. ISSN 1410-9883

[img]PDF
9Mb

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah unutk mengklasifikasikan kesalahan tatabahasa yang di-buat oleh mahasiswa tingkat satu jurusan bahasa Inggris STKIP PGRI Blitar, tujuan penelitian ini adalah unutk mendiskripsikan kesalahan tatabahasa pada pada karangan. Responden dalam penelitian ini berjumlah 45 mahasiswa dan didapatkan sejumlah 173 kesalahan pada karangan mereka. Instrument yang dipakai mengambil data dalam penelitian ini adalah sebuah tes me-ngarang denganjenis teks deskriptif. Data diambil dengan cara mengidentifikasi, mengklasifikasi dan menghitung kesalahan tatabahasa yang didasarkan pada surface strategy taxonomy. Se-dangkan hasilnya dapat disimpilkan bahwajenis kesalahan yang sering terjadi adalah substitu¬tion error. Ini terbukti bahwa mahasiswa masih bingung bagaimana menyusun kalimat dengan tata bahasa yang benar dengan pilihan kata yang benar. Mereka sering membuat kesalahan dalam menggunakan kata kerja tidak beraturan. Ini membuktikan bahwa tata bahasa dan kosa kata mereka sangat perlu di tingkatkan secara intensive Key words: grammatical error, substitution error Abstract: In this research, the researcher tried to identify and classify grammatical errors made by the first year students of STKIP PGRI BLITAR. The object of the research is to describe the grammatical error on composition. There are nine classes in this grade and the writer takes forty-five students for his research and gets 173 errors on composition. The test given to the students is writing descriptive text. The data are drawn by identifying, classifying, and counting the grammatical errors based on the surface strategy taxonomy. After analyzing the data, it is concluded that the most frequent error types made by the students is substitution error. It means that they are still confused how to arrange a right sentence and to choose the correct words. They often make mistake in using irregular verb.. It proves that their English grammar and vocabulary need to improve intensively. Key words: grammatical error, substitution error

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:125
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:21 Feb 2013 07:48
Last Modified:21 Feb 2013 14:53

Repository Staff Only: item control page