STKIP PGRI BLITAR

MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP BELAJAR ANDRAGOGI Sebuah Renungan Refleksi Pendidikan Non Formal

Drs. MIRANU , TRIANTORO, M.Pd MENCIPTAKAN SUASANA BELAJAR BERDASARKAN PRINSIP-PRINSIP BELAJAR ANDRAGOGI Sebuah Renungan Refleksi Pendidikan Non Formal. Cakrawala Pendidikan, 13 (1). pp. 58-64. ISSN 1410-9883

[img]PDF
9Mb

Abstract

Andragogi merupakan sebuah model proses pembelajaran yang dirancang untuk warga belajar yang sudah dewasa, sehingga dalam pelak-sanaannya harus disesuaikan dengan ciiri-ciri atau kharakteristik yang ada pada orang dewasa. Oleh karena itu teknik yang dikembangkan dalam pro¬ses pembelajaran ini harus benar-benar dirancang dan mampu melibatkan peran serta warga belajar secara aktif dan kreatif dalam rangka mencapai perubahan yang diharapkan. Salah satu hal yang cukup penting untuk mem-bangkitkan motivasi warga belajar adalah dengan menyiapkan dan meran-cang suasana belajar yang nyaman, baik ditinjau dari segi fisik maupun psikhologis, sehingga akan terj adi dialog dinamis antarawarga belaj ar dalam menemukan dan mengembangkan pengetahuan dan pengalaman yang su¬dah diperolehnya menjadi lebih bermakna, yang selanjutnya dapat mening-katkan daya guna dan hasil guna dalam menjalani hidup dan kehidupannya. Kata-kata kunci: suasana belajar, prinsip belajar andragogi.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:132
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:21 Feb 2013 12:38
Last Modified:21 Feb 2013 14:52

Repository Staff Only: item control page