STKIP PGRI BLITAR

PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RESUME DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

SUNARNO, SUNARNO PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RESUME DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Cakrawala Pendidikan, 13 (1). pp. 111-126. ISSN 1410-9883

[img]PDF
16Mb

Abstract

Tujuan penelitian mi adalah ingin membuktikan ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara yang diberi tugas resume dengan yang tidak diberi tugas resume, ada tidaknya perbedaan prestasi belajar antara motivasi belajar tinggi,motivasi belajar sedang, motivasi belajar rendah, ada tidaknya pengaruh antara pemberian tugas resume dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Hukum Perdata mahasiswa jurusan PPKn STKIP PGPJ Trenggalek Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008. Penelitian ini populasinya sebanyak 117 mahasiswa yang terbagi menjadi 3 kelas, dan sampel ditetapkan dengan cara proporsif random sampling seba¬nyak 80 mahasiswa yang terbagi menjadi 2 kelas. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang selanjutnya dianalisis data menggunakan rumus anava dua jalur. Dari hasil analisa diperoleh kesimpulan bahwa F hitung = 0,822 lebih besar dari 0,05 (5%) maka ada perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara yang diberi tugas resume dengan yang tidak diberi tugas resume, ada perbedaan prestasi belajar antara moti¬vasi belajar tinggi,motivasi belajar sedang, motivasi belajar rendah, ada pe¬ngaruh antara pemberian tugas resume dan motivasi belajar terhadap pres¬tasi belajar mata kuliah Hukum Perdata Mahasiswa Jurusan PPKn STKIP PGPJ Trenggalek Semester Genap Tahun Akademik 2007/2008. Kata kunci: pengaruh, tugas resume, motivasi belajar, prestasi belajar.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:137
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:21 Feb 2013 13:26
Last Modified:21 Feb 2013 13:26

Repository Staff Only: item control page