STKIP PGRI BLITAR

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN (PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG

ENDANG, WAHYUNI PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS ANTARA METODE KONVENSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN (PAKEM) PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN DI MTs NEGERI NGANTRU TULUNGAGUNG. Cakrawala Pendidikan, 12 (2). pp. 237-251. ISSN 1410-9883

[img]PDF
15Mb

Abstract

Untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional diperlukan berbagai program pendidikan dilaksanakan diantaranya dengan melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan bermutu, sehingga guru sebagai faktor penting sebagai pelaksana pembelajaran diharapkan menerapkan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mata pelajaran IPS antara yang diajar menggunakan metode konvensional dengan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Semester II Tahun Pelajaran 2009/2010 Kelas IX di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX, sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IX-A dan IX-B. Data diperoleh dengan mengadakan tes setelah pelaksanaan eksperimen untuk mengetahui prestasi belajar siswa (dua variabel X, dan X2). Setelah data terkumpul, dianalisis dengan uji beda/uji t. Setelah dilaksanakan analisis data secara statistik diketahui adanya perbedaan yang signifikan dengan hasil t hitung = 3,1 dan dikonsultasikan dengan nilai tabel = 2,131 dengan tarap kepercayaan 95%. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis alternatif yang diajukan diterima dan hipotesis nol ditolak. Dengan kata lain dapat ada perbedaan prestasi belajar mata pelajaran IPS antara yang diajar menggunakan metode konvensional dengan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Semester II Tahun Pelajaran 2009/ 2010 Kelas IX di MTs Negeri Ngantru Tulungagung. Saran yang diajukan adalah bahwa semua pihak yang terkait harus mendukung penerapan Pem-belajaran Aktif, Rreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) diantaranya guru lebih giat dan berinovasi dengan persiapan yang matang agar dapat menerapkan PAKEM dengan baik, Kepala Sekolah mengalokasikan dana secara khusus untuk melengkapi sarana dan prasarana KBM serta memotivasi penerapan PAKEM, siswa lebih rajin dan giat belajar secara dinamis agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik, orang tua siswa memperhatikan akan kelengkapan kebutuhan/fasilitas belajar putranya sehingga hasil prestasi belajarnya lebih optimal, bermakna dan bermutu. Kata kunci: prestasi belajar, pembelajaran konvensional, PAKEM.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:154
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:22 Feb 2013 12:23
Last Modified:23 Feb 2013 06:17

Repository Staff Only: item control page