STKIP PGRI BLITAR

MODEL ISU KONTROVERSIAL DALAM PEMBELAJARAN PKN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Drs. Udin , Erawanto, M.Pd (2012) MODEL ISU KONTROVERSIAL DALAM PEMBELAJARAN PKN SEBAGAI SOLUSI MENINGKATKAN KETRAMPILAN BERFIKIR KRITIS SISWA. Cakrawala Pendidikan , 14 (2). pp. 146-154. ISSN 1410 - 9883

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Model isu kontroversial dalam pembelajaran PKn membahas topik yang tidak sependapat diterima oleh masyarakat. Melalui model pernbelajaran isu kontroversiai dapat diberdayakan ketrampilan berfikir kritis peserta didik. Langkah-langkah pembelajaran isu kontroversial adalah (l) guru dan siswa melakukan brainstorming mengenai isu-isu koniroversial yang akan dibahas (2) siswa berkelompok memilih salah satu kasus untuk dikaji (3) siswa melakukan inkuiri, mengundang nara sumber, membaca buku, mengumpulkan informasi lain (4) siswa menyajikan/mendiskusikan hasil inkuiri, mengajukan argumentasi, mendengarkan counterargument atau opini lain (5) siswa menerapkan konsep, generalisasi, teori ilmu sosial untuk secara akademis menganalisis permasalahan. Model controversial issues in the teaching Civics discuss topics that are not accepted bythe public disagrees. Through learning model controversial issues can be empowered critical thinking skills of learners. Learning steps controversial issues are (l) the teacher and students brainstorm about controversial issues to be discussed (2) student group choose one of the cases to be studied (3) students doing inquiry, invited speakers, reading books, collecting information other (4) students to present/discuss the results of an inquiry u.gui, listen to counterarguments or opinions other (5) students apply concepts, generalizations, theories of academic social science to analyze problems.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:173
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:20 Mar 2013 13:39
Last Modified:05 Apr 2013 12:59

Repository Staff Only: item control page