STKIP PGRI BLITAR

PEMBELAJARAN BARISAN ARITMATIKA DENGAN STRATEGI PQ4R BAGI SISWA SMK

KRISTIANI, .,M.Pd (2012) PEMBELAJARAN BARISAN ARITMATIKA DENGAN STRATEGI PQ4R BAGI SISWA SMK. Cakrawala Pendidikan, 14 (1). pp. 68-74. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF - Published Version
10Mb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran barisan aritmatika melalui strategi PQ4R bagi siswa SMK. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dengan kesimpulan langkah-langkah pembelajaran barisan aritmatika dengan strategi PQ4R adalah sebagai berikut: (a.)preview yaitu siswa membaca materi barisan aritmatika dari lembar kerja yang diberikan guru, (b) question yaitu siswa membuat pertanyaan berdasarkan materi barisan aritmatika yang dibaca, (c) readya.hu siswa membaca buku ajar secara aktif, tujuannya agar siswa dapat menentukan pemecahan masalah dari pertanyaan yang mereka buat, (d) reflect yaitu siswa berkelompok dan saling membaca, mengoreksi pertanyaan dan jawaban teman sekelompok, (e) recite yaitu dalam kelompok siswa membuat intisari atau rangkuman dari pertanyaan dan jawaban yang dibuat sebelumnya, (f) review yaitu siswa mempresentasikan hasil intisari atau rangkuman yang mereka buat. Kata Kunci: Pembelajaran, Strategi PQ4R, SMK Abstract: The purpose of this study is to describe the sequence of learning steps of arithmetic through PQ4R strategy for vocational students. The study consisted of two cycles with the conclusion of the steps of learning arithmetic sequence with PQ4R strategy is as follows: (a) preview the students read the material sequence of arithmetic worksheets that the teacher, (b) question the students create questions based on materials of arithmetic sequence read, (c) read the students read the textbook actively, the goal that students can determine the solution of the question that they made, (d) Reflect the students in groups and read each other, correct questions and answers a bunch of friends, (e) Recite that is, in essence, or groups of students create a summary of questions and answers previously made , (f) review the students presented the results summary or summaries that they make.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:186
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:09 Oct 2013 12:40
Last Modified:09 Oct 2013 12:40

Repository Staff Only: item control page