STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS PERILAKU SISWA KELAS IV SD DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN

ENDITIYAS , PRATIWI (2013) ANALISIS PERILAKU SISWA KELAS IV SD DALAM MEMECAHKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TAHAPAN ANALISIS KESALAHAN NEWMAN. "CAKRAWALA PENDIDIKAN" Published by "STKIP PGRI BLITAR" , 15 (1). pp. 67-73. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
48Kb

Abstract

Abstraks: Pembelajaran yang dilakukan dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan menggunakan cara yang umumnya dipakai, yaitu dengan menggunakan (menuliskan) tiga langkah: diketahui, ditanya, dan jawab. Setelah siswa diberikan contoh soal cerita, guru menerangkan dari soal tersebut apa yang diketahui. Guru kemudian menuliskan apa yang ditanya, dan terakhir menuliskan jawabannya. Pada umumnya siswa terlihat pasif untuk bertanya, dan hanya mencatat jawaban yang telah diberikan guru. Setelah contoh diberikan, siswa diberi latihan soal yang setipe dengan contoh yang diberikan. Kenyataan yang terjadi bahwa lebih dari separoh siswa di kelas itu belum bisa menyelesaikan soal cerita yang diberikan. Mereka kelihatan kesulitan memahami soal cerita tersebut. Sehingga mereka tidak dapat menuliskan apa yang diketahui, dan apa yang ditanyakan. Jadi untuk mengidentifikasi perilaku siswa dalam memecahkan soal cerita perlu dilakukan penelitian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi perilaku siswa dalam memecahkan soal cerita matematika materi FPB dan KPK berdasarkan tahapan analisis kesalahan newman. Hasil penelitian yang diperoleh adalah klasifikasi perilaku dalam pemahaman siswa diperoleh MBA-full context , DTA-limited context, DTA-not proficient, DTA-proficient . Selain itu terdapat perilaku lain yang tidak terdapat dalam kategori Pape, yaitu memberikan informasi dari konteks masalah tetapi kurang lengkap, serta sebagian besar subjek penelitian berada dalam dua kategori yaitu sebagian merupakan MBA-full context dan sebagian lagi DTA-limited context secara besamaan. Kata kunci: analisis kesalahan newman; perilaku. Abstract: Learning is done in solving word problems is to use a method that is generally used, ie using (write) three steps: unknown, asked and answered. After students are given an example about the story, the teacher explained that the matter of what is known. The teacher then asked to write what, and last write the answers. In general, students were passive to ask, and the answers have been recorded only by the teacher. After the example given, students are given exercises that type with examples given. The reality was that more than half of the students in the classroom can not solve the given story. They seem hard to understand about the story. So they can not write what is known, and what is being asked. So to identify the behavior of students in solving word problems have to do research. The purpose of this study is to identify the behavior of students in solving mathematical word problems and KPK FPB material based newman error analysis stage. The results obtained are in understanding student behavior classification obtained MBA-full context, context-limited DTA, DTA-not proficient, DTA-proficient. In addition there are other behaviors that are not in the category Pape, which provide information on the context of the problem but not complete, and most of the research subjects are in two categories: most are MBA-full context and some context DTA-limited basis Simultaneously. This aims to classify the behavior of fourth grade students SDN Kebonsari I Malang in solving math problems based on the stages of Newman’s Error Analysis. To classify the behavior of students in the stages of Newman’s Error Analysis using behavioural categories of research result Pape. This research resulted the following classification of student’s behavior: 1) MBA-full context, 2) MBA-limited context; 3) DTA- limited context; 4) DTA-proficient; 5) DTA-not proficient. Key word: Newman’s error analysis; behavior

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:216
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:19 Oct 2013 13:28
Last Modified:19 Oct 2013 13:28

Repository Staff Only: item control page