STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI PENGUJIAN HIPOTESIS

M., KHAFID IRSYADI, M.Pd (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN INQUIRY PADA MATERI PENGUJIAN HIPOTESIS. "CAKRAWALA PENDIDIKAN" Published by "STKIP PGRI BLITAR" , 15 (2). pp. 203-209. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
50Kb

Abstract

Abstrak: Menerapkan Pembelajaran Inquiry Pada Materi Pengujian Hipotesis Kelas IIA Prodi Matematika STKIP PGRI Blitar Tahun Akademik 2012/2013. Langkah-langkah pembelajaran Inquiry sebagai berikut: (1) Partisipasi kelas yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah peran serta mahasiswa dalam bertanya, menjawab pertanyaan dosen, dan mengerjakan tugas Pengujian Hipotesis di kelas; (2) Referensi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kegiatan mencari, menemukan, dan mengumpulkan sumber belajar Pengujian Hipotesis melalui internet, perpustakaan, atau sumber belajar lain yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Dari sumber belajar ini diharapkan mahasiswa mampu menyelesaikan berbagai masalah selain mendapatkan informasi dari dosen; (3) Scaffolding yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah pemberian bantuan melalui dorongan dan arahan dosen sehingga mahasiswa dapat menjelaskan ide-idenya, meningkatkan respon, dan membuat hubungan ke pengetahuan Pengujian Hipotesis sebelumnya; (4) Berkelompok yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dibentuk kelompok heterogen, dan mendiskusikan hasil pekerjaan mereka dengan menjelaskan berbagai ide/cara dalam menyelesaikan masalah; (5) Berkomunikasi yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah kegiatan kelompok mempresentasi hasil kelompoknya dan kelompok lain memberikan tanggapan/komentar di depan kelas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tindakan partisipan, dimana peneliti terlibat/berpartisipasi secara langsung dalam penelitian mulai dari awal sampai berakhirnya penelitian (Arikunto, 2008: 3). Dalam penelitian ini peneliti sebagai instrumen utama, yang merencanakan, merancang, melaksanakan, mengumpulkan data, menganalisis data, menarik kesimpulan dan membuat laporan penelitian. Pada tahap ini menetapkan lokasi penelitian yaitu di kelas IIA Prodi Matematika Tahun Akademik 2012/2013, dilaksanakan selama dua bulan terhitung mulai September sampai dengan Nopember 2012.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes akhir siklus diperoleh 29 mahasiswa tuntas dan ada 1 mahasiswa belum tuntas dengan yaitu 69,5 dibawah KKM > 70. Hasil ketuntasan klasikalnya mencapai 96,7%, sudah diatas ketuntasan klasikal yang dipersyaratkan yaitu 80%. Hasil pengamatan pertemuan pertama persentasi skor aktivitas dosen adalah 83.5% dalam kategori baik. Persentasi skor aktivitas mahasiswa adalah 81% dalam kategori baik. Hasil pengamatan pertemuan kedua persentasi skor aktivitas dosen adalah 94% dalam kategori sangat baik. Persentasi skor aktivitas mahasiswa adalah 93,5% dalam kategori sangat baik. Sedangkan kriteria keberhasilan penelitian untuk pengamatan aktivitas dosen dan mahasiswa yang dipersyaratkandalah 80% d” PNR < 90%: dengan kriteria baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil karena semua kriteria keberhasilan penelitian sudah terpenuhi. Kata kunci : penerapan, pengujian hipotesis, Inquiry Abstract: Applying Lessons Learned Inquiry In the Matter Hypothesis Testing Math Class IIA Prodi STKIP PGRI Blitar Academic Year 2012/2013. Inquiry learning steps as follows: (1) the class is intended participation in this study is the role of the student in asking, answering questions lecturer, and Hypothesis Testing tasks in class, (2) References in this study is intended for activities,discover, learn and gather resources Hypothesis Testing via the Internet, library, or other learning resources to suit the material being taught. Of learning resources is expected of students able to solve various problems in addition to getting information from faculty, (3) Scaffolding is intended in this study is the provision of assistance through the encouragement and direction of faculty so that students can explain their ideas, improve responsiveness, and make connections to knowledge Testing previous hypotheses, (4) Flocking is intended in this study were students formed a heterogeneous group, and discuss the results of their work by explaining the various ideas / ways to solve problems, (5) Communicate the purpose of this research is the group presented the results of their group activities and group others provide feedback / comments in front of the class. Types of research used in this study is action research with action participants, where researchers are involved / participate directly in the research from the beginning to the end of the study (Arikunto, 2008: 3). In this study the researcher as the main instrument, the planning, design, implement, collect data, analyze the data, draw conclusions and make a research report. At this stage in the research is to establish the location of the class IIA Prodi Math Academic Year 2012/2013, held for two months from September to November 2012. Results of this study showed that at the end of the test cycle gained 29 students completed and no one student has not finished with the KKM > 69.5 under 70. Klasikalnya completeness result reached 96.7%, which is above the required classical completeness is 80%.The first meeting of the percentage of observations faculty activity score was 83.5% in both categories. Percentage of student activity score was 81% in both categories. The second meeting of the percentage of observations faculty activity score was 94% in the excellent category. Percentage of student activity score was 93.5% in the excellent category. While the success criteria for observational research activities of faculty and students who dipersyaratkan adalah PNR d” 80% <90%: the criteria well. It can be concluded that the study is successful because all the research has met the success criteria. Keywords: adoption, testing hypotheses, Inquiry

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:270
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:19 Feb 2014 13:00
Last Modified:19 Feb 2014 13:00

Repository Staff Only: item control page