STKIP PGRI BLITAR

KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL

SURYO, WIDODO (2014) KETERKAITAN ANTARA BERPIKIR KREATIF DAN PRODUK KREATIF GURU MATEMATIKA SMP DALAM MEMBUAT SOAL MATEMATIKA KONTEKSTUAL. Cakrawala Pendidikan, 16 (1). pp. 97-109. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
1136Kb

Abstract

Abstrak: Sejak diterapkan kurikulum 2013, tren penelitian pendidikan matematika adalah untuk meningkatkan kreativitas. Telah banyak penelitian yang mengungkap kreativitas siswa dalam menyelesaikan masalah matematika. Tetapi jarang peneliti yang mengungkap proses berpikir kreatif siswa hingga menghasilkan suatu produk yang kreatif. Tujuan penelitian ini mengungkap keterkaitan antara proses berpikir kreatif dengan produk kreatif guru matematika SMP dalam membuat soal matematika kontekstual. Penelitian dilakukan pada guru matematika SMP Jimy (nama samaran), dengan kualifikasi akademik S-1 matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode pengumpulan data menggunakan wawancara berbasis tugas. Hasil yang diperoleh dalam penelitian adalah: (1) Jimy telah berhasil membuat produk kreatif (soal matematika kontekstual) yang memenuhi indikator kelancaran, fleksibel dan kebaruan; (2) proses berpikir kreatif Jimy dalam membuat soal matematika kontekstual mengikuti urutan tahap sintesis ide, membangun ide, merencanakan penerapan ide, sintesis ide, merencanakan penerapan ide dan penerapan ide. Kata kunci: berpikir kreatif, produk kreatif, soal matematika kontekstual. Abstract: Since the curriculum 2013 implemented in Indonesia, the trend of mathematics education research is to improve creativity. There have been many studies that reveal students’ creativity in solving mathematic problems. But researchers seldom reveal the creative thinking processes of students to produce a creative product. The purpose of this study explored the relationship between creative thinking processes with creative products of mathematics teacher in the junior high school in making mathematic contextual problems. The study was conducted at the junior high mathematics teacher Jimy (pseudonym), the academic qualification of the S-1 mathematic. This study used a qualitative approach, the method of data collection using a task-based interview. The results obtained in the study are: (1) Jimy has succeeded in making a creative product (contextual mathematic problems) who satisfies fluency, flexible and novelty; (2) the order phase process of creative thinking Jimy in making mathematics contextual problem follows synthesis of ideas, generate of the ideas, planning the application of ideas, synthesis of ideas, planning the application of the idea and implementation of ideas. Keywords: creative thinking, creative products, contextual mathematics problem

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:309
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:20 Oct 2014 12:28
Last Modified:20 Oct 2014 12:29

Repository Staff Only: item control page