STKIP PGRI BLITAR

PENGARUH PENGGUNAAN METODE KONTEKSTUAL BERMEDIA VCD DAN KETRAMPILAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR

Sudjianto, Sudjianto (2014) PENGARUH PENGGUNAAN METODE KONTEKSTUAL BERMEDIA VCD DAN KETRAMPILAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR. Cakrawala Pendidikan, 16 (1). pp. 86-96. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
75Kb

Abstract

Abstrak: Dengan pendekatan contextual teaching and learning anak belajar dari mengalami sendiri, mengkonstruksi pengetahuan, kemudian memberi makna pada pengetahuan itu dan anak diciptakan lingkungan belajar yang bersifat alami. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimental 2 x 2 faktorial desain. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII MA Al Mujaddadiyyah Kota Madiun. Jumlah sampel kelompok percobaan 38 dan kelompok kontrol 40. Untuk analisis data menggunakan teknik ANAVA. Hasil analisis menunjukkan: (1) dengan pendekatan kontekstual media VCD prestasi belajar siswa lebih baik dibanding menggunakan pendekatan kontektual media gambar; (2) Siswa yang ketrampilan belajarnya tinggi memperoleh hasil yang lebih baik dibanding yang ketrampilan belajarnya rendah, (3) Ada interaksi antara penggunaan pendekatan Kontekstual media VCD, pendekatan kontekstual media Gambar, dan ketrampilan belajar dalam memberikan pengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi. Kata kunci: Pendekatan Kontekstual, Ketrampilan belajar,dan Prestasi belajar . Abstract: With contextual teaching and learning approach children learn from their own experience, construct knowledge, and give meaning to the knowledge and the children created a learning environment that is natural. This study uses an experimental approach 2 x 2 factorial design. The population was student of class XII MA Al Mujaddadiyyah Madiun. Number of samples 38 experimental group and the control group 40. Techniques for data analysis using ANOVA. The analysis showed: (1) the contextual approach VCD media student achievement is better than using a contextual approach to the media images; (2) Students who obtain a high learning skills better outcomes than low learning skills, (3) There is an interaction between the use of media Contextual approaches VCD, Picture media contextual approach, and study skills in giving effect to the achievement of economic study. Keywords : Contextual Approach , learning skills , and academic achievement .

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:310
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:20 Oct 2014 12:33
Last Modified:20 Oct 2014 12:33

Repository Staff Only: item control page