STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR KOLABORASI

Sudjianto, Sudjianto (2012) PENERAPAN METODE THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR KOLABORASI. Cakrawala Pendidikan, 14 (2). pp. 219-229. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
132Kb

Abstract

Abstrak: Prestasi belajar yang diperoleh siswa menunjukkan berhasil atau tidaknya kegiatan belajar siswa. Dengan menerapkan metode The Power of Two, siswa akan menjadi aktif dalam proses pembelajaran karena semua siswa diberi tanggung jawab dengan tugasnya. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Al-Mujaddadiyyah Madiun tahun pelajaran 2011/2012. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi dan lembar angket. Analisis data untuk kemampuan belajar kolaborasi dan minat belajar siswa menggunakan analisis kualitatif deskriptif, data kuantitatif dengan menghitung persentase siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Metode The Power Of Two dapat meningkatkan kemampuan balajar kolaborasi dan minat belajar siswa. Peningkatan kemampuan belajar kolaborasi siswa dapat dilihat dari meningkatnya jumlah siswa yang aktif pada siklus II, dan semakin baik nilai dari masing-masing aspek yang meliputi: berpendapat secara rasional, menerima pendapat dengan alasan yang benar, peduli terhadap kelompok, mengerjakan tugas dan membantu teman. Kata kunci: kemampuan belajar kolaborasi, metode the power of two Abstract: student learning achievements obtained indicate success or failure of students’ learning activities. By applying the method of The Power of Two, students will become active in the learning process for all students are given the responsibility of the job. This research was classroom action research. The subjects in this study were students of class XI IPS MA Al- Mujaddadiyyah Madison school year 2011/2012. The data was collected using observation sheets and questionnaires sheet. Analysis of data for collaborative learning and student interest using descriptive qualitative analysis, quantitative data by calculating the percentage of first cycle and second cycle. The results showed that the use of Method The Power Of Two Study abroad can enhance collaboration and student interest. Improved student learning collaboration can be seen from the increasing number of students who are active in the second cycle, and the better the value of each of the aspects which include: Google rationally, accept the opinion of the right reasons, concerned about the group, do the work and help a friend. Keywords: collaborative learning ability, method the power of two

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:366
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:06 Nov 2014 11:49
Last Modified:06 Nov 2014 11:49

Repository Staff Only: item control page