STKIP PGRI BLITAR

PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT

Wahid, Ibnu Zaman (2012) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MEDIA POHON MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT. Cakrawala Pendidikan, 14 (2). pp. 237-244. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
126Kb

Abstract

Abstrak: Dari beberapa penelitian telah diperoleh hasil bahwa Problem posing dan Open ended mampu meningkatkan prestasi matematika siswa. Namun belum ada suatu pembelajaran yang menggunakan kolaborasi antara Problem posing dan Open ended. Oleh karena itu peneliti ingin menerapkan suatu bentuk pembelajaran yang merupakan kolaborasi antara Problem posing dan Open ended yaitu pembelajaran dengan menggunakan pohon matematika. Pembelajaran dengan menggunakan pohon matematika dilaksanakan dengan meminta siswa untuk menggambar daun atau membuat soal dengan membangun masalah dari suatu pohon yang memuat pokok bahasan yang diberikan. Ketika membahas materi operasi hitung pada bilangan bulat dengan menggunakan pohon matematika, pohonnya merupakan operasi hitung, cabangnya merupakan soal tentang operasi hitung yang hasilnya sudah ditentukan. Kemudian siswa diminta membuat daun atau soal operasi hitung bilangan bulat yang jawabannya sudah ditentukan. Penelitian dilakukan pada siswa kelas VIII dengan materi operasi hitung pada bilangan bulat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan pohon matematika berjalan dengan baik. Hal ini diperkuat dengan respon siswa terhadap pembelajaran dengan pohon matematika yang sangat baik. Kata kunci: pembelajaran matematika, pohon matematika, operasi hitung bilangan bulat Abstract: By considering some previous researches, it shows that Problem Posing and Open Ended Method are able to improve students’ achievement in mathematics. Nevertheless, learning method that is collaboration between Posing Problem and Open Ended has not existed yet; therefore, researcher, in this case, is trying to develop a new method in learning mathematic that is collaboration between Posing Problem and Open Ended by using mathematical tree. Learning mathematic by using mathematical tree is done by asking students to draw leaves or creating questions by manipulating problems from an tree that contains the basic problems given. While discussing about arithmetic operation on integer number by using mathematical tree, the tree represents arithmetic operation, and the branch represents the question making about arithmetic operation which the results have been determined. Thereafter, students are asked to create leaves or the arithmetic operation questions on integer numbers which the answers have been determined. This research was conducted to grade VIII students, at the subject of arithmetic operation on integer numbers. The result of this research showed that learning implementation of mathematical tree went well. This is verified with the students’ very well responses to the learning mathematics method by using the mathematical tree. Key words: mathematic learning, the tree of mathematics, arithmetic operation, integer numbers

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:368
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:06 Nov 2014 11:59
Last Modified:06 Nov 2014 11:59

Repository Staff Only: item control page