STKIP PGRI BLITAR

IMPLEMENTASI LIFE SKILL EDUCATION PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KECAKAPAN HIDUP MAHASISWA

Linawati, Linawati (2014) IMPLEMENTASI LIFE SKILL EDUCATION PADA PROSES BELAJAR MENGAJAR MATA KULIAH KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENCAPAI KECAKAPAN HIDUP MAHASISWA. Cakrawala Pendidikan, 16 (2). pp. 152-165. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
92Kb

Abstract

Abstrak: Pembelajaran yang dapat mengembangkan potensi dan memberikan bekal kehidupan mahasiswa adalah pendidikan yang berorientasi kecakapan hidup (life skill). Peneliti menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan keterbatasan penelitian: 1) Implementasi pendidikan yang berorientasi pada kecakapan hidup dilaksanakan dengan mengaktualisasi sikap dan perilaku wirausaha ke dalam nilai-nilai kecakapan hidup, 2) Nilai-nilai kecakapan hidup yang kecakapan hidup generik dan kecakapan hidup spesifik. Berdasarkan observasi ditemukan siklus pertama aktualisasi sikap entrepreneur dan semangat entrepreneur mahasiswa dengan kategori cukup. Hasil observasi siklus kedua mahasiswa sudah mulai beradaptasi dengan pembelajaran berorientasi kecakapan hidup. Hasil observasi siklus ketiga mahasiswa menerapkan aspek kecakapan hidup dengan kategori baik sekali. Sudah timbul kesadaran dari mahasiswa untuk menerapkan aspek kecakapan hidup. Kata kunci: life skill education, reorientasi pembelajaran, Penelitian Tindakan Kelas, rencana, tindakan, pengamatan dan refleksi Abstract: Learning that can develop the potential of students and providing sustenance of life is education oriented life skills (life skills). Researchers use Classroom Action Research (CAR) with the limitations of the study: 1) Implementation-oriented education life skills implemented actualize entrepreneurial attitudes and behavior in the values of life skills, 2) the values of life skills that generic life skills and life skills specific. Based on the observations found the first cycle actualization entrepreneur attitude and entrepreneurial spirit of the students with enough categories. The results of the second cycle of observation of students have started to adapt to the learning of life skills oriented. The results of the third cycle of observation of students applying for the life skill with excellent category. Already raised the awareness of students to apply for the life skill Keywords: life skills education, reorientation of learning, classroom action research, plan, action, observation and reflection

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:378
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:20 Feb 2015 13:04
Last Modified:20 Feb 2015 13:05

Repository Staff Only: item control page