STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KONSEP TEORITIS GREEN MORAL PADA PENDIDIKAN DASAR

M, Syahri (2014) ANALISIS KEBIJAKAN KURIKULUM PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP SEBAGAI STRATEGI MEMBANGUN KONSEP TEORITIS GREEN MORAL PADA PENDIDIKAN DASAR. Cakrawala Pendidikan, 16 (2). pp. 166-185. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
94Kb

Abstract

Abstrak: Masalah lingkungan hidup adalah masalah moral, persoalan perilaku manusia, diperlukan etika dan moralitas untuk mengatasinya. Analisis Kebijakan Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup sebagai Strategi Membangun Konsep Teoritis Green Moral pada Pendikan Dasar di Jawa Timur, pada gilirannya mengkonstruksi karakteristik warga negara yang memiliki kompetensi kewarganegaraan (civic competence) yang diformulasikan ke dalam tiga komponen penting, yaitu: 1) Civic knowledge; 2) Civic skill; dan 3) Civic disposition. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Bentuk-bentuk Partisipasi Warga Negara (Siswa) terhadap Pelestarian Lingkungan Hidup; 2) Kompetensi Kewarganegaraan agar Warga Negara (Siswa) dapat berpartisipasi dalam pelestarian Lingkungan Hidup; 3) Faktor-faktor penunjang kapasitas kompetensi Kewarganegaraan dalam pelestarian Lingkungan Hidup; 4) Pelaksanaan kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup pada pendidikan dasar: Pendidikan Lingkungan Hidup dilakukan secara “monolitik”. Pendidikan lingkungan hidup diajarkan secara terintegratif. Kata kunci : pendidikan lingkungan hidup, green moral. The environmental problem is a moral issue, the issue of human behavior, ethics and morality is needed to overcome. Analysis of Environmental Education Curriculum Policy as a Theoretical Concept strategies in developing Green Moral on Basic Education in East Java, in turn it constructs the characteristics of citizens who have civic competence are formulated into three major components, namely: 1) Civic knowledge; 2) Civic skills; and 3) Civic disposition. The results of the study as follows: 1) Forms of Citizen Participation (students) to Environmental Stewardship; 2) Competence Citizenship in order that the Citizen (students) participateed in the preservation of the Environment; 3) The factors supporting capacity Citizenship competence in the preservation of the Environment; 4) Implementation of Environmental Education curriculum in primary education: Environmental education is done in a “monolithic.” Environmental education taught in integrated manner. Keywords: environmental education, green moral

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:381
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:20 Feb 2015 13:19
Last Modified:20 Feb 2015 13:19

Repository Staff Only: item control page