STKIP PGRI BLITAR

MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI MAHASISWA DALAM MENDISKRIPSIKAN SYARATSYARAT TERBENTUKNYA NEGARA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING

Miranu , Triantoro (2014) MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI MAHASISWA DALAM MENDISKRIPSIKAN SYARATSYARAT TERBENTUKNYA NEGARA MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM BASED LEARNING. Cakrawala Pendidikan, 16 (2). pp. 190-196. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
46Kb

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar mahasiswa dalam mendiskripsikan syarat-syarat terbentunya Negara melalui penerapan metode problem based learning. Data penelitian diperoleh dari hasil pengamatan terhadap aktivitas perkuliahan dan test/ujian yang diberikan kepada mahasiswa. Hasil Penelitian menunjukkkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas dan prestasi belajar yang cukup signifikan berdasarkan dua siklus yang dilakukan. Untuk aktivitas dalam perkuliahan nilai atau skor rata-rata pada siklus pertama sebesar 3,05 (baik) pada siklus kedua mnjadi 3,33 (baik). Sedang untuk prestasi belajar pada siklus pertama dengan rata-rata skor 77,95 menjadi rata-rata 81,67 pada siklus kedua. Dengan ketuntasan pada siklus pertama 76,19 % menjadi 90,48 % pada siklus yang kedua. Kata-kata Kunci: Aktivitas belajar, prestasi belajar dan Metode Problem Based Learning Abstract: This study aims to determine the increase in activity and the achievement of students in terms of describing the inception of the State through the application of methods of problem based learning. Data was obtained from the observation of the activity of lectures and tests / exams are given to students. Results Studies have indicated that there is an increase in activity and a significant learning achievement based on two cycles were performed. For activity in the lecture value or the average score in the first cycle by 3.05 (good) in the second cycle mnjadi 3.33 (good). As for learning achievement in the first cycle with an average score of 77.95 to an average of 81.67 in the second cycle. With the thoroughness of the first cycle of 76.19% to 90.48% in the second cycle. Keywords: Learning activities, academic achievement and Problem Based Learning Methods

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:389
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:27 Feb 2015 12:26
Last Modified:27 Feb 2015 12:26

Repository Staff Only: item control page