STKIP PGRI BLITAR

IMPLEMENTASI KWH (KNOW WANT, HOW) UNTUK MENGARAHKAN PEMAHAMAN PROSES BERPIKTR MAHASISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT KETERBAGIAN

Suliana, Riki (2017) IMPLEMENTASI KWH (KNOW WANT, HOW) UNTUK MENGARAHKAN PEMAHAMAN PROSES BERPIKTR MAHASISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT KETERBAGIAN. "Cakrawala Pendidikan" Published by "STKIP PGRI Blitar", 20 (1). pp. 89-97. ISSN 1410 - 9883

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak : Pacla mata kuliah teori bilangan mahasiswa masih sering mengalami kesulitan, khususnya pada pembuktian iifat-sifat keterbagian. Mahasisrva iering keliru dalam mengkaitkan antara yang diketahui dengan sifat yang akan digunakan untuk rnembuktikan suatu sifat keterbagian. llal tersebut yang menjadi latar belakang masalah penelitian tinclakan ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implernentasi KWH (Knou-Want-How) guna mengetahui Pemahaman Proses Berpikir Mahasiswa pada Materi Sifat-sifat Keterbagian. Jcnis Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengadopsi rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggarl. Hasil penelitian berdasarkan: l) lembar observasi aktivitas dosen beradapada kategori sangat baik,2) lembar obseruasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori sangat baik, 3) LKM rata-rata persentasenya sebesar 86,67 dengan kategori pemahaman proses berpikir baik dan 4) persentase hasil tes sebesar 86,36 dengan kategori pemahaman proses berpikir baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahrva implementasi KWH (Know-Want-How) dapat mengarahkan Pemahaman Proses Berpikir Mahasiswa pada Materi Sifat-sifat Keterbagian. Kata Kunci : KWH, Pemahaman. Proses Berpikir Abstract : In the course of number theory the students are still often encounter dilIiculties, especially in proving divisibility properties. Students are otlen mistaken in linking between the known rn ith properties that will be used to prove a divisibility propetties. This is the background of this action research problems. The purpose of this study was to describe the irnplementation of KWH (Know-Want-How) to determine the Students Thinking Process Understanding the material properties of divisibility. This research is a type of the act that adopts the model of classroorn action research design Kemmis and Taggart. The results basecl on: l) the obserwation sheet lecfttrer activities are in the very good category, 2) student activity observation sheet that are in the very good category 3) MI]I average percentage of 86.67 with the category good understanding o,fthe thought process, and 4) percentage yield assays of 86.36 with the category good understanding of the thinking process. From these results it can be concluded that the irnplementation of KW[{ (Knor,v-Want-How) can direct the Student Thinking Process Understanding the material properties of divisibility. KeyWords : KWH, Understariding. ThinkingProcess 89

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:409
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:29 Sep 2017 04:23
Last Modified:29 Sep 2017 04:23

Repository Staff Only: item control page