STKIP PGRI BLITAR

PEMAHAMAN MAHASISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM

Dewi, Zemmy Indra Kumala (2017) PEMAHAMAN MAHASISWA BERDASARKAN TAKSONOMI BLOOM. "Cakrawala Pendidikan" Published by "STKIP PGRI BLITAR" , 20 (1). pp. 126-132. ISSN 1410 - 9883

[img]
Preview
PDF - Published Version
10Mb

Abstract

Abstrak : Pendckatan untuk melakukan diagnosis dan pemecahan masalah belajar mahasiswa belum efisien. Akibatnya kurangnya pemahaman mahasiswa terhadap materi belum terpecahkan. Proses pemahaman menurut Bloom terdiri atas enam ranah, yaitu pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis, sitesis. dan evaluasi. Pemahaman nrahasiswa dapat dilihat dengan menganalisa hasil kerja mahasiswa. Berdasatkan uraian tersebut maka penelitian ini bertu.juan untuk mendeskripsikan pemahaman mahasiswa berdasarkan taksonomi Bloom. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa mahasiswa dengan kemampuan tinggi kemampuannya berada pada ranah aplikasi, mahasiswa dengan kemampuan sedang berada pada ranah aplikasi dan mahasiswa dengan kemampuan rendalr berada pada ranah pengetahuan. Kata Kunci : Pemahaman, Taksonomi Bloorn Abstract: The approach to diagnosis and solve student learning problems has not been eflicient. As aresult the laok of understanding ofthe students on the material has notbeen solved. Theprocess ofunderstanding byBloom consists ofsix levels, namely knowledge, comprehension, application. analysis, synthesis. and evaluation. Understanding of the sflrdent can be seen by analyzing student work. Based on the description. this study aims to describe students'understanding based on Bloom's taxonorny. The results ofthis study found that students with high ability in the realm of application skills, students with mediunr ability is irr the realm of application and students with low ability is in the realm of knowled ge. KeyWords : Understanding, Rloom's Taxonomy

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:424
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:04 Oct 2017 05:13
Last Modified:30 Oct 2017 00:40

Repository Staff Only: item control page