STKIP PGRI BLITAR

PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PORTOFOLIO BAGI MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK

SURYANTI, MPd (2016) PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PORTOFOLIO BAGI MAHASISWA DALAM MEMAHAMI MATERI KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK. Cakrawala Pendidikan, 18 (1). pp. 85-93. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
11Mb

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan di STKIP PGRI Blitar tahun akademik 201412015. Subjek penelitian 29 mahasiswa semester 2 offering B. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berbasis proyek portofolio :pada materi -karakteiistik perkembangan peserta didif bagi mahasiswa'STKIP PGRI Blitar. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan hasil rata-rata proyek portofolio dengan kriteria baik secara klasikal diperoleh 93,lYo dari 29 mahasiswa yang mengikuti penilaian proyek. Sedangkan persentase rata-rata hasil observasi aktivitas dosen dan mahasiswa pada setiap pertemuan pembelajaran berada pada kategori baik atau sangat baik. Berdasarkan ketiga kriteria tersebut pembelajaran berbasis proyek portofolio pada materi karakteristik perkembangan peserta didik dapat berhasil diterapkan pada mahasiswa STKIP PGRI Blitar. Kata Kunci : Pembelaj aran berbasi s proyek, portofolio Abstract: This research was designed as classroom action research Kemmis and Taggart implemented in STKIP PGRI Blitar academic year 201412015. Subject of the study 29 students, semester 2 offering B,rThe purpose of this study was to describe the application of project-based learning portfolio on the material characteristics of the development of learners for students STKIP PGRI Blitar. Results of action research showed an everage yield of a portfolio of projects with good criterion in classical obtained 93.1% of the 29 students who attend the Iroject appraisal. While the average percentage of the observation of the activity of faculty and students at each meeting learning are in good or excellent category. Based on three criteria-based learning project portfolio on the material characteristics of the development of learners can be successfully applied to students STKIP PGRI B litar. KeyWords : Project-based learning, portfolios

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:613
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:07 Nov 2017 19:51
Last Modified:07 Nov 2017 19:51

Repository Staff Only: item control page