STKIP PGRI BLITAR

MENINGKATKAN PERAN KELOMPOK PENEKAN DALAM PERCATURAN POLITIK

Miranu, Triantoro (2016) MENINGKATKAN PERAN KELOMPOK PENEKAN DALAM PERCATURAN POLITIK. Cakrawala Pendidikan, 19 (2). pp. 192-200. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
12Mb

Abstract

Abstrak: Kclompok penckan dalarn percaturan politik suatu ncgara merupakan sebuah fenomena yang tidak pernah bisa terelakkan, karena melalui peran inilah suatu kelornpok dapat mempengaruhi kebijakan-kebijakan yang.dibuat oleh orang-orang yang mampu memenangkan pertarungan politik. fakta telah menunjukkan bahwa dalam sejarah perjalanan sistem perpolitikan di Indonesia hingga sekarang. ini kelompok penekan (pressure group) memiliki peran yang .menentukan dalam membangun dan melaksanakan"sebuah kebijakan yang berbasis pada kepentingan rakyat. Oleh karena itu, maka memperkuat posisi kelompok penekan. dalam memberikan kontribusinya dengan mernperkokoh persatuan antar kelompok penekan, melakukan analisa terhadap kebijakan politik dan lobi-lobi politik maupun penyampaian usulan dan tuntutan sefta aktivitas lain periu ditingkatkan untuk ii.r.upri tujuan bersama masyarakat yang lebih maju dan berkemakmuran. Kata Kunci : Kelompok Penekan, Percaturan Politik. Abstract: Pressure group in the political arena of a country is an inevitable ph.no*.ron, thr.ougf, this action, ih" g.orp can influence the policies made by ior.rn*"nt. hacts hlve shown tiraf in ttre tristory ofpolitical.sy.stem in lndonesia from fiast until now the pressure group has a decisive role in establishing and implementing i poLi.V based on ih. int.r"-rt, of the people. Therefbre, it is necessary to manage the position of pressure gio,,,p in contributing to strengthen the. unity anlotlg.pressure ;;;.,p;, anaiyzing tn! p"ii"v ancl politicil lobbying as well as the sLrb,rission of firoptrot. ani deinancts'arrcl other activities to achieve the cotrlmon goalof society to be more advanced and ProsPerous' Key Words : Pressure groups, political arena'

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:636
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:09 Nov 2017 03:21
Last Modified:09 Nov 2017 03:21

Repository Staff Only: item control page