STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENANAMKAN PROSES BERPIKTR INTUITIF PADA MAHASISWA

Pramesti, Cicik (2015) PENERAPAN ACTIVE LEARNING UNTUK MENANAMKAN PROSES BERPIKTR INTUITIF PADA MAHASISWA. Cakrawala Pendidikan, 17 (2). pp. 225-233. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
11Mb

Abstract

Abstrak : Salah satu sarana yang dapat digunakan untuk mengeluarkan hasil pemikiran tentang sesuatu adalah dengan diskusi. Melalui diskusi seseorang dapat mengeluarkan pemikiran yang tiba-tiba muncul setelah terdapat permasalahan (berpikir intuitif). berpikir intuitif ini sangat diperlukan guna menghidupkan diskusi. Active learning adalah proses kegiatan belajar mengajar yang subyek didiknya terlibat secara intelektual dan emosional sehingga ia betul-betui berperan dan berpartisipasi aktif dalam melakukan kegiatan belajar, (Hosnan, 2014:208).Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian- ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan active learning yang dapat menanamkan proses berpikir intuitif padi mahasiswa. Hasil penelitian ini menjelaskan bahya active learning dapat menanamkan proses berpikir intuitif mahasiswa (berdasarkan instrumen lembar observas i dan angket). Kata Kunci : Active Learning, menanamkan, Berpikir Intuitif Abstract : One tool that can be used to release the results of thinking about something is to discussion. Through discussion one can issue.a-thought that sudde{l appeared after there are problems 1ti'ink intuitively). Intuitive thinking is urgently needed in order to turn the discussion. Active leaming is a iearning process that subjects their students involved irlifr.to"ffy and emotionafy so that hJ actually glaygd an active part in learning activities, (Hosnan, z}la:z)Si.Based on this, the study aims to describe the application of actirre iearning that can instill in students the intuitive thought processes. Results of this .tuJy ,*ptains i-hat active learning can embed intuitive thought processes of students lUaseO initrument observation sheets and questionnaires)' Key Words : Active Leaming, embed, Intuitive Thinking

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:646
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:09 Nov 2017 21:43
Last Modified:09 Nov 2017 21:43

Repository Staff Only: item control page