STKIP PGRI BLITAR

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENINDAKLANJUTI PERMINTAAN LAIN DARI PELANGGAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS XII PEMASARAN SMK

Santoso , Ekbal (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENINDAKLANJUTI PERMINTAAN LAIN DARI PELANGGAN MELALUI METODE PEMBELAJARAN BERMAIN PERAN PADA SISWA KELAS XII PEMASARAN SMK. Cakrawala Pendidikan, 20 (2). pp. 163-175. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Abstrak : Penggunaan metode bermain peran dalam pembelajaran merupakan usaha untuk menjelaskan melalui peragaan, melakukan pemeranan, melatih, sikap senang dan keterampilan melakukan sesuatu seperti berkomunikasi, mencatat dokumen. Kondisi ini melibatkan aspek koqnitif, afektif dan psikomotorik siswa dalam pembelajaran. Perubahan pada siswa terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II: (1) aspek kognitif sebesar 26,94%, yaitu dari 63% siswa yang tuntas belajar menjadi 100% (2) aspek afektif sebesar 12%, dari 88% siswa yang mempunyai sikap baik menjadi sebesar 100% (3) aspek psikomotorik sebesar 38%, yaitu dari 69% siswa yang mempunyai ketrampilan baik menjadi sebesar 100% dan (4) aspek aktivitas sebesar 25%, dari rata-rata 63% menjadi sebesar 88%. Kata Kunci : kemampuan, bermain peran Abstract : The use of role-playing methods in learning is an attempt to explain through demonstrations, performing roles, exercises, attitudes and the skills of doing things such as communicating, recording documents. This condition involves the coqnitive, affective and psychomotor aspects of students in learning. The change in students is increased from cycle I to cycle II: (1) cognitive aspect 26,94%, that is from 63% students who complete learning to 100% (2) affective aspect equal to 12%, from 88% both to be 100% (3) psychomotor aspects of 38%, is from 69% of students who have good skills to be 100% and (4) aspects of activity by 25%, from an average of 63% to 88%. Key Words : ability, roll play

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:695
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:05 Feb 2018 04:45
Last Modified:05 Feb 2018 04:45

Repository Staff Only: item control page