STKIP PGRI BLITAR

IMPLEMENTASI KWH (KNOW, WANT, HOW) UNTUK MENGARAHKAN PEMAHAMAN PROSES BERPIKIR MAHASISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT KETERBAGIAN

Suryanti, Suryanti (2017) IMPLEMENTASI KWH (KNOW, WANT, HOW) UNTUK MENGARAHKAN PEMAHAMAN PROSES BERPIKIR MAHASISWA PADA MATERI SIFAT-SIFAT KETERBAGIAN. Cakrawala Pendidikan, 20 (1). pp. 89-97. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
4Mb

Abstract

Abstrak : Pada mata kuliah teori bilangan mahasiswa masih sering mengalami kesulitan, khususnya pada pembuktian sifat-sifat keterbagian. Mahasiswa sering keliru dalam mengkaitkan antara yang diketahui dengan sifat yang akan digunakan untuk membuktikan suatu sifat keterbagian. Hal tersebut yang menjadi latar belakang masalah penelitian tindakan ini. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi KWH (Know-Want-How) guna mengetahui Pemahaman Proses Berpikir Mahasiswa pada Materi Sifat-sifat Keterbagian. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang mengadopsi rancangan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart. Hasil penelitian berdasarkan: 1) lembar observasi aktivitas dosen berada pada kategori sangat baik, 2) lembar observasi aktivitas mahasiswa berada pada kategori sangat baik, 3) LKM rata-rata persentasenya sebesar 86,67 dengan kategori pemahaman proses berpikir baik dan 4) persentase hasil tes sebesar 86,36 dengan kategori pemahaman proses berpikir baik. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa implementasi KWH (Know-Want-How) dapat mengarahkan Pemahaman Proses Berpikir Mahasiswa pada Materi Sifat-sifat Keterbagian. Kata Kunci : KWH, Pemahaman, Proses Berpikir Abstract : In the course of number theory the students are still often encounter difficulties, especially in proving divisibility properties. Students are often mistaken in linking between the known with properties that will be used to prove a divisibility properties. This is the background of this action research problems. The purpose of this study was to describe the implementation of KWH (Know-Want-How) to determine the Students Thinking Process Understanding the material properties of divisibility. This research is a type of the act that adopts the model of classroom action research design Kemmis and Taggart. The results based on: 1) the observation sheet lecturer activities are in the very good category, 2) student activity observation sheet that are in the very good category, 3) MFI average percentage of 86.67 with the category good understanding of the thought process, and 4) percentage yield assays of 86.36 with the category good understanding of the thinking process. From these results it can be concluded that the implementation of KWH (Know-Want-How) can direct the Student Thinking Process Understanding the material properties of divisibility. Key Words : KWH, Understanding, Thinking Process

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:728
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:09 Feb 2018 03:12
Last Modified:09 Feb 2018 03:12

Repository Staff Only: item control page