STKIP PGRI BLITAR

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAHPENGANTAR BISNIS MELALUI PEMBELAJARAN “QUANTUM LEARNING”

NINIK, SRIJANI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATA KULIAHPENGANTAR BISNIS MELALUI PEMBELAJARAN “QUANTUM LEARNING”. Cakrawala Pendidikan, 12 (1). pp. 79-89. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
11Mb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Pembelajaran dengan metode quantum learning ataupun kontekstual tidak hanya menuntut mahasiswa mengikuti perkuliahan dengan kontek lingkungan saja, tetapi menuntut mahasiswa untuk mengekplorasikan makna dari konteks itu sendiri. Hal ini dikarenakan dengan pembelajaran quantum learning ataupun kontekstual akan membantu mengkaitkan mata kuliah dengan dunia nyata dan memotivasi mahasiswa untuk membuat hubungan antara pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat, sehingga mereka mempunyai kecakapan hidup atau life skill. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada mahasiswa sebanyak 41 mahasiswa. Prosedur penelitian dalam penelitian tindakan kelas (Action Research) ini mengacu pada rancangan Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus, dan masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan yaitu (1). Tahap penyusunan rencana tindakan; (2). Tahap pelaksanaan tindakan; (3). Tahap Pengamatan atau observasi; dan (4). Tahap perefleksian. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah : Pelaksanaan pembelajaran dengan quantum learning dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mahasiswa, sehingga dapat menumbuhkan tingkat keaktifan mahasiswa, keadaan ini akan berdampak terhadap (a) keberanian mahasiswa untuk bertanya; (b) keberanian mahasiswa untuk menjawab pertanyaan teman lainnya atau Dosen dan (c) keberanian mahasiswa untuk menanggapi pendapat teman. Dengan metode quantum learning dapat meningkatkan prestasi belajar mata kuliah Pengantar Bisnis mahasiswa program studi Ekonomi konsentrasi Ekonomi Koperasi, Keadaan ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata yang pada siklus I, mahasiswa yang dibawah rata-rata sebanyak 12 mahasiswa atau 29,27 %, sedangkan mahasiswa yang di atas rata-rata sebanyak 29 orang atau 70,73 %. Kemudian pada siklus ke II mahasiswa yang dibawah rata-rata prestasi belajarnya sebanyak 3 mahasiswa atau 7,32 %, sedangkan mahasiswa yang di atas rata-rata sebanyak 38 orang atau 92,68 %. Kata Kunci : Prestasi Belajar, Quantum Learning

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:73
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:18 Feb 2013 04:46
Last Modified:18 Feb 2013 04:47

Repository Staff Only: item control page