STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS MODEL ANTRIAN PESERTA PADA LOKET F DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN

Laily , Kurniawati (2016) ANALISIS MODEL ANTRIAN PESERTA PADA LOKET F DI BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN. Cakrawala Pendidikan, 19 (2). pp. 231-236. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
2328Kb

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model antrian beserta analisis antrian yang sesuai dengan studi kasus loket F di BPJS Kesehatan KCU Malang. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari pengamatan secara langsung di loket F BPJS Kesehatan KCU Malang. Berdasarkan hasil analisis teori antrian, diperoleh model antrian yang sesuai dengan keadaan di loket F BPJS Kesehatan KCU Malang yaitu (G / G / 1): (FCFS / ∞ / ∞), sedangkan hasil perhitungan performansi pada model antrian di Loket F BPJS Kesehatan KCU Malang diperoleh tingkat intensitas (kegunaan) pelayanan atau yaitu sebesar 79,79%. Kemungkinan tidak ada peserta yang mengantri dalam waktu tertentu adalah 20,21%. Rata-rata banyaknya peserta yang menunggu dalam antrian yaitu 3 peserta. Rata-rata banyaknya peserta dalam sistem yaitu 4 peserta. Rata-rata waktu tunggu dalam antrian yaitu 13 menit. Rata-rata waktu tunggu dalam sistem yaitu 17 menit. Kata Kunci : Antrian, BPJS Kesehatan, single channel – single phase. Abstract : This study aims to determine the queuing model and its corresponding queue analysis with case studies on the counter F BPJS KCU Malang. This study uses primary data obtained from direct observations in the counter F BPJS KCU Malang. Based on the analysis of queuing theory, obtained queuing models appropriate to the circumstances in the counter F BPJS KCU Malang, (G / G / 1): (FCFS / ∞ / ∞), while the results of the calculation of performance with a queuing model in Loket F BPJS KCU Malang obtained intensity level (utility) services or is equal. Possible none of the participants who lined up in a certain time is 20.21%. The average number of participants waiting in the queue that participant. The average number of participants in the system are 4 participants. The average waiting time in the queue at 13 menit.Rata average waiting time in the system is 17 minutes.

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:751
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:10 Feb 2018 02:57
Last Modified:10 Feb 2018 02:57

Repository Staff Only: item control page