STKIP PGRI BLITAR

INTERNALISASI NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP DALAM RANGKA MEMBENTUK PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDIDIKAN TERINTEGRASI

Ekbal, Santoso (2016) INTERNALISASI NILAI-NILAI ENTREPRENEURSHIP DALAM RANGKA MEMBENTUK PERILAKU KEWIRAUSAHAAN MELALUI PENDIDIKAN TERINTEGRASI. Cakrawala Pendidikan, 19 (2). pp. 159-167. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
2223Kb

Abstract

Abstrak : Perilaku kewirausahaan mahasiswa merupakan pencerminan jiwa entrepreneur. Jiwa kewirausahaan dibentuk dari nilai-nilai entrepreneurship itu antara lain mampu melihat peluang dan kesempatan, kreatif, dan inovatif, keberanian mengambil risiko, bekerja keras, ulet, serta jujur dan bermartabat. Pembentukan jiwa kewirausahaan melalui proses internalisasi. Proses internlisasi dilakukan dengan proses pembelajaran yang terintegrasi, yaitu pengintegrasian nilai-nilai entrepreneurship pada setiap matakuliah pada seluruh matakuliah yang terdapat dalam kurikulum program studi serta kegiatan Himpunan Mahasiswa Program Studi (HMPS) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Perguruan tinggi berperan menyediakan layanan sumberdaya, kurikulum, fasilitas dan program aktivitas yang menarik partisipasi mahasiswa untuk proses internalisasi. Dosen mempunyai peran yang lebih sentral dalam melakukan internalisasi nilai-nilai interpreneur, yaitu menjadi motivator, menjadi teladan dalam bersikap dan berperilaku sebagai entrepreneur. Kualifikasi dosen yang harus dimiliki yaitu inspiratif dan motivasional, mampu menyampaikan materi dengan baik dan menarik serta mempunyai usaha. Kata Kunci : Nilai-nilai kewirausahaan, perilaku kewirausahaan, pendidikan terpadu. Abstract : Entrepreneurial behavior is a reflection of the entrepreneurial spirit of students. The entrepreneurial spirit is formed from the values of entrepreneurship, among others, were able to see the opportunities and possibilities, creative, and innovative, the courage to take risks, work hard, tenacious, and honest and dignified. The formation of entrepreneurial spirit through a process of internalization. Internlisasi process is done with an integrated learning process, namely the integration of the values of entrepreneurship on every subject in all courses contained in the curriculum of courses and activities Studies Student Association (HMPS) and the Student Activity Unit (UKM). College role in providing resource services, curriculum, facilities and program activities that attract the participation of students to the process of internalization. Lecturers have a more central role in conducting the internalization of values interpreneur, that becomes a motivator, be exemplary in attitude and behavior as an entrepreneur. Faculty qualifications to be possessed is inspirational and motivational, able to convey the material with good and attractive as well as with businesses. Key Words : The values of entrepreneurship, entrepreneurial behavior, integrated education

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:759
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:10 Feb 2018 03:55
Last Modified:10 Feb 2018 03:55

Repository Staff Only: item control page