STKIP PGRI BLITAR

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TANDUR KELAS XII PEMASARAN SMK NEGERI 2 KOTA BLITAR

Anik, Rahayu (2018) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PROPOSAL BAHASA INDONESIA MELALUI PEMBELAJARAN MODEL TANDUR KELAS XII PEMASARAN SMK NEGERI 2 KOTA BLITAR. Cakrawala Pendidikan, 21 (1). pp. 1-11. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
877Kb

Abstract

Abstrak : Menulis proposal merupakan salah satu kompetensi dasar pada matapelajaran bahasa Indonesia kelas XII yang sangat perlu dikuasai secara maksimal oleh setiap siswa. Pembelajaran model TANDUR sebagai kegiatan pembelajaran yang tidak membosankan bagi siswa, siswa ikut terlibat secara secara interaktif dalam kegiatan pembelajaran. Penerapan pembelajaran model TANDUR dapat meningkatkan aktivitas belajar sebesar 50% (siklus 1= 43,8% dan siklus 2 = 93,8%) dalam menulis proposal bahasa Ind onesia pada siswa kelas XII Pemasaran SMK Negeri 2 Kota Blitar dan (2) Penerapan pembelajaran Quantum teaching model TANDUR dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar menulis proposal bahasa Indonesia pada siswa kelas XII Pemasaran SMK Negeri 2 Kota Blitar sebesar 4,9, (siklus I= 76,36 dan siklus II = 81,27) dan jika dilihat ketuntasan belajar secara individu meningkat sebesar 22,88% (siklus I= 78,13% dan siklus II = 100%) Kata Kunci: kemampuan menulis proposal, model tandur Abstract : Writing a proposal is one of the basic competencies in the class XII Indonesian language courses that really need to be mastered maximally by each student. Learning the TANDUR model as learning activities that are not boring for students, students are involved interactively in learning activities. The application of the TANDUR learning model can increase learning activities by 50% (cycle 1 = 43.8% and cycle 2 = 93.8%) in writing Indonesian proposals for students of Marketing XII grade at SMK Negeri 2 Kota Blitar and (2) Application of Quantum learning teaching TANDUR model can increase the average learning outcomes of writing Indonesian proposals for Marketing XII grade students of SMK Negeri 2 Kota Blitar by 4.9, (cycle I = 76.36 and cycle II = 81.27) and when viewed completeness of learning individuals increased by 22.88% (cycle I = 78.13% and cycle II = 100%) Key Words: ability to write proposals, models tandur

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:793
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:14 Nov 2018 03:27
Last Modified:14 Nov 2018 03:27

Repository Staff Only: item control page