STKIP PGRI BLITAR

PROFIL PERTANYAAN MAHASISWA PADA MATERI HAKIKAT PROFESI KEPENDIDIKAN

Cicik , Pramesti (2018) PROFIL PERTANYAAN MAHASISWA PADA MATERI HAKIKAT PROFESI KEPENDIDIKAN. Cakrawala Pendidikan, 22 (2). pp. 11-28. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
1111Kb

Abstract

Abstrak: Aktifitas belajar itu berhubungan dengan masalah belajar menulis, mencatat, memandang, membaca, mengingat, berpikir, latihan, dan sebagainya (Djamarah; 2011: 38). Beberapa tahun terakhir ini di Indonesia sedang digalakkan model pembelajaran yang menuntut siswa untuk aktif dalam hal berpikir, berkomunikasi dan latihan. Model pembelajaran tersebut dikenal dengan model Student Center Learning. Berdasarkan keadaan tersebut, peneliti melaksanakan penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil pertanyaan mahasiswa pada materi hakikat profesi pendidikan. Pertanyaan tersebut dianalisis berdasarkan tingkat/level pertanyaan menurut Taksonomi Bloom. Adapun tingkatan level pertanyaan menurut taksonomi Bloom adalah: (1) level pertanyaan pengetahuan, (2) level pertanyaan pemahaman, (3) level pertanyaan aplikasi, (4) level pertanyaan analisis, (5) level pertanyaan sintesis, dan (6) level pertanyaan evaluasi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui lembar observasi. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) Secara umum mahasiswa sudah paham terhadap konsep hakikat profesi kependidikan. Hal ini dapat diketahui dari 7 (tujuh) pertanyaan yang disampaikan oleh mahasiswa, tidak ada yang out of content dari materi yang sedang didiskusikan, (2) Secara umum mahasiswa sudah dapat menyampaikan pertanyaan dengan baik dan lancar, namun perlu ditingkatkan kembali keterampilan berkomunikasinya agar rasa nerveous/gugup dapat diminimalisir, dan (3) Mayoritas mahasiswa berada pada level pertanyaan sintesis berdasarkan tingkat/level pertanyaan menurut Taksonomi Bloom. Kata Kunci: Profil, Pertanyaan, Hakikat Profesi Kependidikan Abstract:Learning activities are related to the problem of learning to write, record, view, read, remember, think, practice, and so forth (Djamarah: 2011: 38). Recent years in Indonesia are being encouraged learning model that requires students to be active in thinking, communicating and training. The learning model is known as the Student Center Learning model. Based on these circumstances, researchers conducted a study aimed at describing the profile of student questions on the subject matter of the educational profession. The question is analyzed based on the level of questions according to Bloom's Taxonomy. The level of questions according to Bloom's taxonomy are: (1) level of knowledge questions, (2) level of understanding questions, (3) application level questions, (4) level of analysis questions, (5) level of synthesis questions, and (6) evaluation. This type of research is qualitative research. Technique of collecting data of this research through observation sheet. The results of this study are: (1) In general, students have understood the concept of the essence of teaching profession. This can be seen from 7 (seven) questions submitted by the students, none of which out of content of the material being discussed, (2) In general the students have been able to convey the question well and smoothly, but need to improve the communication skills to make sense nervous can be minimized, and (3) The majority of students are at the level of synthesis questions based on the level of questions according to Bloom's Taxonomy. Key Words: Profiles, Questions, The Nature of the Education Profession

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:832
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Jan 2019 04:01
Last Modified:25 Jan 2019 04:02

Repository Staff Only: item control page