STKIP PGRI BLITAR

ANALISA DAMPAK METODE PETA KONSEP PADA PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI

Maratus , Solichah (2018) ANALISA DAMPAK METODE PETA KONSEP PADA PRESTASI DAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI. Cakrawala Pendidikan, 22 (2). pp. 81-89. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
1117Kb

Abstract

Abstrak: Artikel ini merupakan hasil kajian terhadap penelitian Chei-Chang Chiou tentang apakah peta konsep bisa digunakan untuk membantu peserta didik meningkatkan prestasi dan minat belajar mereka dalam pembelajaran akuntansi. Partisipan penelitian terdiri dari 124 siswa dari dua kelas mata pelajaran akuntansi lanjut di School of Management sebuah universitas di Taiwan. Data eksperimen yang didapat menunjukkan dua temuan penting. Pertama, tindakan mengadopsi sebuah strategi peta konsep bisa lebih meningkatkan prestasi belajar siswa daripada ketika mengguakan sebuah metode pengajaran ekspositori tradisional. Kedua, sebagian besar siswa merasa puas dengan penggunakan peta konsep dalam pelajaran akuntansi lanjut. Mereka menyatakan bahwa peta konsep bisa membantu mereka memahami, mengintegrasikan dan mengklarifikasikan konsep-konsep akuntansi dan juga meningkatkan minat untuk mempelajari akuntansi. Mereka juga yakin bahwa peta konsep bisa digunakan di mata pelajaran lainnya. Kata Kunci: Peta Konsep, Prestasi, Minat Belajar, Pembelajaran Akuntansi Abstract: This article is the result of a study of Chei-Chang Chiou's research on whether concept maps can be used to help students improve their achievement and interest in learning of accounting. The research participants consisted of 124 students from two classes of advanced accounting subject at the School of Management of a university in Taiwan. The experimental data obtained shows two important findings. First, the act of adopting a concept map strategy can further enhance student learning achievement than when using a traditional expository teaching method. Second, most students feel satisfied with using concept maps in advanced accounting lessons. They state that concept maps can help them understand, integrate and clarify accounting concepts and also increase interest in studying accounting. They also believe that concept maps can be used in other subjects. Key Words: Concept Maps, Achievements, Interest in Learning, Accounting Learning

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:839
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Jan 2019 04:56
Last Modified:25 Jan 2019 04:56

Repository Staff Only: item control page