STKIP PGRI BLITAR

MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER ANAK MELALUI MODEL PEMBIASAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA

Miranu , Triantoro (2018) MENUMBUHKEMBANGKAN KARAKTER ANAK MELALUI MODEL PEMBIASAAN DI LINGKUNGAN KELUARGA. Cakrawala Pendidikan, 22 (2). pp. 90-102. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
1034Kb

Abstract

Abstrak: Keluarga merupakan peletak dasar karakter anak, karena didalam keluarga anak perama kali mendapatkan sentuhan-sentuhan kasih sayang dan moralitas untuk melakukan kebaikan-kebaikan dalam bentuk perilaku yang sesuai dengan nilai, norma dan moral yang ada di masyarakat. Upaya penanaman dan penumbuhkembangan karakter anak dapat dilaksanakan melalui kegiatan-kegiaan pembiasaan, baik yang secara sengaja/secara terprogram dilakukan oleh orang tua maupun secara tidak sengaja dengan melalui contoh/ketauladanan dan rutinitas yang dilakukan dalam praktek keseharian yang ada dalam lingkungan keluarga yang akhirnya menjadi kebiasaan. Untuk mendapatkan hasil karakter yang baik bagi setiap anak yang memiliki perbedaan individual maka paling tdak harus diperhatikan 3 hal, yakni (1) irama dan tempo perkembangan masing-masing anak, (2) penerapan pola asuh yang baik dan sesuai; dan (3) menunjukkan sikap ketauladanan yang baik bagi anak dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: Karakter Anak, Model Pembiasaan, lingkungan keluarga Abstract: The family is the basic foundation of children's character, because firstly in the family the child gets touches of affection and morality to do good in the form of behavior that is in accordance with the values, norms and morals in the community. Efforts to plant and develop children's character can be carried out through habituation activities, both intentionally / programmatically carried out by parents or accidentally through examples / observances and routines carried out in daily practices in the family environment which eventually become habits . To get good character results for each child who has individual differences, there must be three things to be considered, namely (1) the rhythm and tempo of each child's development, (2) the application of good and appropriate parenting; and (3) show attitudes that are good for children in everyday life. Key Words: Character of child, habituation model, family environment

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:840
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Jan 2019 05:05
Last Modified:25 Jan 2019 05:05

Repository Staff Only: item control page