STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI METODE PRACTICE THINK-SHARE RESITASI PADA MATA KULIAH ANALISA VEKTOR PADA MAHASISWA

Riki , Suliana (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN MELALUI METODE PRACTICE THINK-SHARE RESITASI PADA MATA KULIAH ANALISA VEKTOR PADA MAHASISWA. Cakrawala Pendidikan, 23 (2). pp. 95-113. ISSN 1410-9883

[img]
Preview
PDF
753Kb

Abstract

Abstrak: Penerapan Pembelajaran Melalui Metode Practice Think-Share Resitasi langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: (1) Practice yaitu pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dimana mereka diberi satu materi yang membutuhkan latihan tertentu yang sebelumnya telah dirancang untuk mengembangkan keterampilan-keterampilan dan meningkatkan ketangkasan dalam menguasai materi yang telah diajarkan. (2) Think- Share yaitu mahasiswa secara (kelompok) dan berpasangan mempelajari, menyelesailan permasalahan yang ada melaui Lembar Kegiatan Mahasiswa (LKM) yang dirancang dalam upaya meningkatkan pemahamannya terhadap materi pembelajaran yaitu analisa vektor. (3) Resitasi dimana mahasiswa secara mandiri dan kreatif yaitu menciptakan suatu pikiran baru (melalui menyelesaikan tugas-tugas), berkomunikasi dengan kelompok (pasangan) nya untuk mengabungkan berbagai ide, keterangan, konsep, pengalaman, dan pengetahuan dalam menemukan berbagai cara penyelesaian dan penyelesaiannya beragam pada materi analisa vektor. Pembelajaran yang digunakan dengan Melalui Metode Practice Think-Share Resitasi Pada Mata Kuliah Analisa Vektor dapat dikatakan sudah berhasil. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi di akhir pembelajaran mencapai taraf ketuntasan klasikal 90%. angka ini cukup besar karena dari 10 mahasiswa ada 9 orang saja yang nilainya dibawah kreteria dan yang sudah tuntas belajar. Berdasarkan tabel 4.6, Rata-rata lembar kerja kelompok pada akivitas 1 pada LKM 1 adalah 79, akivitas 2 pada LKM 2 adalah 82, akivitas 3 pada LKM 3 adalah 84,7,, dan akivitas 4 pada LKM 4 adalah 83, atau rata-tara lembar kerja adalah 82 yang berarti baik. Kata Kunci: Penerapan, Practice Think-Share Resitas, analisa vektor Abstract: Application of Learning Through Practice Think-Share Method Recitation steps are as follows: (1) Practice is learning that is centered on students where they are given one material that requires certain exercises that have been previously designed to develop skills and increase dexterity in mastering material that has been taught. (2) Think-Share, namely students in groups and in pairs study, solve existing problems through Student Activity Sheets (LKM) which are designed in an effort to increase their understanding of learning material, namely vector analysis. (3) Recitation where students independently and creatively are creating a new thought (through completing assignments), communicating with the group (pair) to combine various ideas, information, concepts, experiences, and knowledge in finding various ways of completion and completion vary in vector analysis material. The learning used through the Recitation Think-Share Practice Method in the Vector Analysis Course can be said to have been successful. This can be seen from the results of the evaluation at the end of learning reaching the classical completeness level of 90%. This figure is quite large because of the 10 students there are only 9 people whose grades are below criteria and who have finished studying. Based on table 4.6, the average worksheet of groups on activity 1 on MFI 1 is 79, activity 2 on LKM 2 is 82, activity 3 on LKM 3 is 84.7, and activity 4 on LKM 4 is 83, or average tare worksheet is 82 which means good. Keywords: Implementation, Recitation Think-Share Practice, vector analysis

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:870
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:30 Mar 2020 04:39
Last Modified:30 Mar 2020 04:40

Repository Staff Only: item control page