STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA

Riki , Suliana (2020) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN SOAL MATEMATIKA. Cakrawala Pendidikan, 24 (1). pp. 120-136. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1847Kb

Abstract

Abstrak: Kesalahan dalam mnyelesaikan soal adalah hal yang sering ditemui dalam kegiatan pembelajaran. Kesalahan – kesalahan yang ditemui ada beberapa yaitu 1) miskonsepsi karena kurangnya kemampuan dalam memahami konsep, 2) kesalahan dalam menerapkan rumus dan proses perhitungannya, 3) mahasiswa yang kurang bisa memahami maksud soal. Mahasiswa yang salah dalam menafsirkan apa yang diketahui dan apa yang ditanyakan dalam soal tersebut. Padahal memahami maksud soal adalah langkah awal dalam mencari penyelesaian dari suatu soal. Berdasarkan klasifikasi Watson, kesalahan terbanyak yang dilakukan mahasiswa dalam penelitian ini adalah kesalahan tentang tipe rlc (mengerjakan tidak menggunakan konsep atau menjawab langsung tanpa cara yang logis),ip (kesalahan dalam prosedur, seperti salah menggunakan rumus, operasi bilangan, tanda operasi), dan above other (ao) yaitu selain ketujuh kategori, seperti tidak mengerjakan terlihat pada tipe kesalahan rlc dan ao lebih dominan dari pada tipe kesalahan yang lain. Untuk kesalahan tipe ip ini memang bermacam-macam, tetapi yang menjadi masalah jika kesalahan mahasiswa adalah salah menentukan rumus yang harus dipakai yang seperti ini juga menunjukan bahwa mahasiswa belum paham maksud dari soal. Sedangkan tipe kesalahan rlc ini mahasiswa butuh latihan dalam memanipulasi sebuah rumus ataupun aljabar, sehingga jika bertemu soal yang mirip mahasiswa sudah bisa melakukan manipulasi yang logis yang bisa dilakukan. . Kata kunci: analisis, kesalahan mahasiswa, soal matematika Abstract: Errors in solving problems are things that are often encountered in learning activities. There were several errors that were found, namely 1) misconceptions due to lack of ability to understand concepts, 2) errors in applying formulas and calculation processes, 3) students who were less able to understand the purpose of the questions. Students are wrong in interpreting what is known and what is asked in the problem. Though understanding the purpose of a problem is the first step in finding a solution to a problem. Based on the Watson classification, the most mistakes made by students in this study were errors about the type of ric (do not use the concept or answer directly without a logical way), ip (errors in procedures, such as incorrect use of formulas, number operations, operation marks), and above other (ao) that is besides of the seven categories, such as not working, looks at the type of error ric and ao is more dominant than other types of errors. For this type of ip error varies, but what becomes a problem if the student's mistake is to determine the formula that must be used like this also shows that students do not understand the purpose of the problem. While this type of ric error, students need practice in manipulating a formula or algebra, so that if they meet a problem that is similar, students can already make logical manipulations that can be done. Key Words: analysis, students’ error, math problems

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:892
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:06 Aug 2020 04:13
Last Modified:06 Aug 2020 04:14

Repository Staff Only: item control page