STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MENURUT POLYA PADA MATERI TURUNAN

Cicik , Pramesti and Youngky , Putra Ramadhana (2020) ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA MENURUT POLYA PADA MATERI TURUNAN. Cakrawala Pendidikan, 24 (2). pp. 1-11. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1230Kb

Abstract

Abstrak: Matematika merupakan salah satu ilmu yang penting di dunia ilmu pengetahuan. Berdasarkan observasi dapat diketaui bahwa sebagian besar siswa menyatakan matematika merupakan pelajaran yang sulit, sehingga sebagian besar siswa juga menyatakan bahwa mereka mengalami kesulitan belajar mateatika. Untuk itu diperlukan analisis terkait kesulitan belajar siswa terhadap pelajaran matematikatan, sesuai dengan tujuan penelitian ini yakni untuk menganalisis kesulitan belajar siswa menurut Polya pada materi turunan. Deskripsi kesulitan belajar siswa tersebut berdasarkan empat tahapan pemecahan masalah menurut Polya yaitu 1) pemahaman masalah, 2) merencanakan masalah, 3) melaksanakan rencana, dan 4) memeriksa kembali. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Analisis kesulitan belajar ini menggunakan instrumen tes pada materi turunan dan wawancara. Berdasarkan hasil hasil penelitian melalui instrumen tes dan wawancara dapat disimpulkan bahwa: (1) pada tahap pemahaman masalah, semua siswa (kemampuan tinggi, sedang dan rendah) tidak mengalami kesulitan belajar (dapat memahami masalah turunan fungsi aljabar dengan baik), (2) pada tahap merencanakan masalah siswa mengalami kesulitan dengan kategori sedang, (3) pada tahap melaksanakan rencana siswa mengalami kesulitan dengan kategori sedang, dan (4) pada tahap pemeriksaan kembali dari kesuluruhan siswa mengalami kesulitan dengan kategori sedang. Kata Kunci: Analisis, Kesulitan belajar, Polya, Turunan Abstract: Mathematics is one of the important sciences in the world of science. Based on observations, it can be seen that most of the students stated that mathematics was a difficult subject, so that most students also stated that they had difficulty learning mathematics. For that we need an analysis related to student learning difficulties in mathematics lessons, in accordance with the purpose of this study, namely to analyze student learning difficulties according to Polya on derived material. The description of the student's learning difficulties is based on four stages of problem solving according to Polya, namely 1) understanding the problem, 2) planning the problem, 3) implementing the plan, and 4) checking again. This research uses a qualitative approach with descriptive research type. This learning difficulty analysis uses test instruments on derivative material and interviews. Based on the results of research through test and interview instruments it can be concluded that: (1) at the problem understanding stage, all students (high, medium and low abilities) do not experience learning difficulties (can understand problems with derivative algebraic functions well), (2) at the stage of planning the problems students experienced difficulties with the moderate category, (3) at the stage of implementing the plan the students experienced difficulties with the moderate category, and (4) at the stage of re-examination of the whole students experienced difficulties with the moderate category. Key Words: Analysis, Learning difficulties, Polya, Derivatives

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:897
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:07 Jan 2021 00:55
Last Modified:07 Jan 2021 00:55

Repository Staff Only: item control page