STKIP PGRI BLITAR

UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMAS PRODUK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN PEMBEJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS XII BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI 4 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Ekbal, Santoso (2020) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGEMAS PRODUK DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PENERAPAN PEMBEJARAN BERBASIS PROYEK PADA SISWA KELAS XII BISNIS DARING DAN PEMASARAN SMK PGRI 4 BLITAR TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Cakrawala Pendidikan, 24 (2). pp. 12-24. ISSN 1410-9883

[img]PDF
946Kb

Abstract

Abstrak: Pembelajaran berbasis proyek merupakan pendekatan pendidikan yang berfokus pada kreatifitas berfikir, pemecahan masalah, dan interaksi antara siswa dengan kawan sebaya. Penelitian berjenis penelitian tidakan kelas dilaksanakan di SMK PGRI 4 Blitar pada kelas XII dengan jumlah 17 siswa. Project-Based Learning dalam mengemas produk memiliki dampak positif, yaitu terjadi peningkatan motivasi belajar siswa baik aspek minat, perhatian dan partisipasi, dalam kategori sangat baik dan baik yaitu (a) minat belajar sebasar 18% dan sebasar 41% (b) perhatian sebasar 18% dan 41% (c) partisipasi sebasar 29% dan 29%. Peningkatan kemampuan mengemas produk dengan rata-rata sebesar 2,28 dari 80,74 (siklus I) menjadi 83,02 (siklus II) dan peningkatan tuntas belajar sebesar 29%, jika pada siklus I hanya 71% maka pada siklus II menjadi 100% dan pada siklus II telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal. Kata Kunci: Pembelajaran berbasis proyek, motivasi, kompetensi Abstract: Project-based learning is an educational approach focuses on creative thinking, problem solving, and interaction between students with peers. This research type of classroom action research was carried out at SMK PGRI 4 Blitar in class XII with a total of 17 students. Project-Based Learning in packaging products has a positive impact, namely an increase in student motivation in terms of interest, attention and participation, in very good and good categories, namely (a) 18% interest in learning and 41% (b) 18 % and 41% (c) participation at 29% and 29%. An increase in the ability to pack products with an average of 2.28 from 80.74 (cycle I) to 83.02 (cycle II) and an increase in completeness of learning by 29%, if in cycle I only 71% then in cycle II it becomes 100% and in the second cycle has achieved classical learning completeness. Key Words: Project-based learning, motivation, competence

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:898
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:07 Jan 2021 01:02
Last Modified:07 Jan 2021 01:02

Repository Staff Only: item control page