STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI GRUP WHATSAPP PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK BIDANG DAN RUANG

Riki , Suliana (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI GRUP WHATSAPP PADA MATA KULIAH GEOMETRI ANALITIK BIDANG DAN RUANG. Cakrawala Pendidikan, 24 (2). pp. 101-120. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1258Kb

Abstract

Abstrak: Guna pencegahan penyebaran Covid-19 kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan teknologi daring yang pastinya menggunakan jaringan internet. Melalui internet, pengguna dapat mengkases media sosial yang diinginkan, seperti, instagram, gmail, whatsApp, dan lain sebagainya. WhatsApp dapat mengirim gambar, video, berdiskusi, mengirim dokumen berupa word dan masih banyak lagi. Grup WhatsApp di kalangan akademik di Unipa Kampus Blitar mendominasi sebagai sarana komunikasi formal dan non formal. Semua dosen dan mahasiswa aktif dalam kegiatan diskusi di grup WhatsApp. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan Pembelajaran Daring melalui grup WhatsApp pada mata kuliah Geometri Analitik Bidang dan Ruang tahun Akademik 2019/2020. Berbagai sumber data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu : a) dokumentasi percakapan (chating) di grup WhatsApp, b) dokumen foto-foto screen shoot aktivitas dari penelitian, c) dokumen hasil tugas, d) hasil tes ujian akhir dan e) hasil angket. Grup WhatsApp Geometri Analitik Bidang dan Ruang mempermudah dosen dan mahasiswa untuk berbagi informasi, memantau proses kegiatan pembelajaran dan mempermudah mahasiswa untuk menginformasikan tugas yang diselesaikan. Mahasiswa bisa memshare atau memfoto soal yang tidak dikuasai atau bagian materi yang perlu ditanyakan. Sebaliknya dosen menshare hasil umpan balik dan evaluasi terhadap tugas yang diselesaikan mahasiswa. Adanya kemajuan bidang teknologi memudahkan dalam pembelajaran, penyaluran pesan melalui media yang tepat dan cepat mulai digemari. Saat ini semua dapat terakses dengan mudah dan cepat sehingga pemanfaatan yang tepat sangat terasa bermanfaat terutama dalam dunia perkuliahan. Kata Kunci: Analisis, grup WhatsApp Abstract: In order to prevent the spread of Covid-19 lecturing is carried out using online technology which of course uses the internet network. Through the internet, users can access the desired social media, such as Instagram, Gmail, WhatsApp, and so on. WhatsApp can send pictures, videos, discuss, and send documents in the form of words and much more. WhatsApp groups among academics at Unipa Campus Blitar dominate as a means of formal and non-formal communication. All lecturers and students are active in discussion activities on the WhatsApp group. This study aims to describe Online Learning through the WhatsApp group in the Field and Spatial Analytical Geometry course for the 2019/2020 Academic year. Various sources of data used in this research are: a) documentation of conversations (chat) in the WhatsApp group, b) documents of screen shots of research activities, c) documents of assignment results, d) results of final exams and e) questionnaire results. WhatsApp Group Field and Space Analytical Geometry makes it easier for lecturers and students to share information, monitor the process of learning activities and make it easier for students to inform completed assignments. Students can share or take photos of questions that are not mastered or parts of the material that need to be asked. On the other hand, the lecturer shares the results of the feedback and evaluation of the assignments completed by students. Advances in technology make learning easier, channeling messages through appropriate media and quickly becoming popular. Now all can be accessed easily and quickly so that proper use is very useful, especially in the world of lectures. Key Words: Analysis, WhatsApp group

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:905
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:07 Jan 2021 03:21
Last Modified:07 Jan 2021 03:21

Repository Staff Only: item control page