STKIP PGRI BLITAR

PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP MATERI ARITMETIKA SOSIAL

Suryanti, Suryanti and Desy , Nikmatul Nur Azizah (2020) PEMAHAMAN KONSEP SISWA TERHADAP MATERI ARITMETIKA SOSIAL. Cakrawala Pendidikan, 24 (2). pp. 149-159. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1129Kb

Abstract

Abstrak: Salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah pemahaman konsep. Pemahaman dibedakan menjadi 3 tahapan yaitu: menerjemahkan, menafsirkan, dan mengeksplorasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman siswa dalam menerjemahkan, menafsirkan, dan mengeksplorasikan pada materi aritmatika sosial. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) pada tahap menerjemahkan seluruh siswa (baik kemampuan tinggi, kemampuan sedang, dan kemampuan rendah) dapat mengartikan atau menjelaskan dari soal yang telah diberikan; (2) pada tahap menafsirkan siswa dengan kemampuan tinggi dan kemampuan sedang dapat mengaitkan dari soal yang telah diberikan; (3) pada tahap mengeksplorasikan siswa dengan kemampuan tinggi dapat menghubungkan dua materi (potongan harga dan angsruran) dari soal yang telah diberikan. Kata Kunci: pemahaman, konsep, aritmatika sosial Abstract: One of the aim of mathematics learning is concept comprehension. Concept comprehension divide to three stages, they are translation, interpretation, and exploration. The aim of this research is to know the student’s comprehension in translation, interpretation, and exploration at the social arithmetic material. The result of this research show that: (1) at the stage of translation all ot of subject (which is a high ability, medium ability, and low ability) can be define or explain of the question that have been given; (2) at the stage of interpretation students with high ability and medium ability can be associate of the question that have been given; (3) at the stage of exploration student’s with high ability can be connect two materials (price discount and installments) of the question that have been given. Keywords: comprehension, concept, social arithmetic

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:907
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:07 Jan 2021 03:32
Last Modified:07 Jan 2021 03:33

Repository Staff Only: item control page