STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS TUGAS TERSTRUKTUR PADA TRIGONOMETRI

Riki , Suliana and Cicik , Pramesti and Suryanti, Suryanti (2021) PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN BERBASIS TUGAS TERSTRUKTUR PADA TRIGONOMETRI. Cakrawala Pendidikan, 25 (1). pp. 124-144. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1495Kb

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya respon mahasiswa terhadap tugas yang diberikan oleh Dosen Pengajar. Good & Brophy (2003) menyatakan bahwa tugas terstruktur merupakan perpanjangan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar. Sementara Hill et al.(1986) menyatakan bahwa pemberian tugas terstruktur sangat positif peranannya terhadap pencapaian belajar mahasiswa. Penugasan sebuah tugas terstruktur merupakan cara yang murah bagi institusi pendidikan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa. Waktu yang tersedia di ruang kelas sangatlah terbatas, sementara dosen harus berupaya mengcover begitu banyak bahan ajar.Dengan penugasan tugas terstruktur maka sebagian materi ajar dapat dikerjakan sendiri oleh mahasiswa.Pemberian tugas terstruktur sangat sinkron dengan metode pembelajaran yang sekarang dan diterapkan di berbagai bidang pendidikan, yaitu metode pembelajaran yang berpusat di mahasiswa (student-centered learning). Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran dengan berbasis tugas terstruktur pada trigonometri.Data yang digunakan adalah mahasiswa tingkat II pada Tahun Akademik 2016/2017. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata observasi peneliti sebesar 91.76% dalam kategori sangat baik, rata- rata observasi mahasiswa sebesar 84.38% dalam kategori baik. Sedangkan ratarata tugas terstuktur adalah 76.92. Untuk ketuntasan secara klasikal tercapai adalah 100%. Kata Kunci: Penerapan, Tugas terstruktur Abstract: This research is motivated by the lack of student response to the assignments given by the Lecturer. Good & Brophy (2003) stated that structured assignments are an extension of opportunities for students to learn. Meanwhile, Hill et al. (1986) stated that the provision of structured assignments has a very positive role in student learning achievement. Assignment of a structured assignment is an inexpensive way for educational institutions to improve student abilities. The time available in the classroom is very limited, while lecturers must try to cover so many teaching materials. With structured assignment assignments, some of the teaching materials can be done by students themselves. The provision of structured assignments is very in sync with the current learning method and is applied in various fields of education, namely the student-centered learning method. This study aims to describe the application of structured task-based learning in trigonometry. The data used are second-level students in the 2016/2017 Academic Year. The results showed that the average observation of the researchers was 91.76% in the very good category, the average student observation was 84.38% in the good category. While the average structured task is 76.92. For classical completeness achieved is 100%. Keywords: Implementation, structured task

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:925
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:14 Aug 2021 20:11
Last Modified:14 Aug 2021 20:11

Repository Staff Only: item control page