STKIP PGRI BLITAR

PEMBELAJARAN INDAH (INTERPRETATION, DISCUSSION, APPLICATION AND HORAY) PADA MATERI SEGI EMPAT

Indah , Nur’Aini and Riki , Suliana RS and Cicik , Pramesti (2021) PEMBELAJARAN INDAH (INTERPRETATION, DISCUSSION, APPLICATION AND HORAY) PADA MATERI SEGI EMPAT. Cakrawala Pendidikan, 25 (2). pp. 63-76. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1721Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id/

Abstract

Abstrak: Guru dapat menerapkan pembelajaran yang ditekankan pada penafsiran soal sesuai dengan konsep materi segi empat. Model pembelajaran INDAH adalah model yang tepat. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas di SMP Negeri 1 Sutojayan. Instrumen yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, tes akhir, dan observasi. Hasil dari analisa data didapatkan rata-rata skor hasil lembar aktivitas siswa pada pertemuan ke-1 dan ke-2 adalah 77,8 dan dengan ketuntasan klasikal ≥75% dari jumlah siswa di kelas tersebut. Tes akhir siswa dengan nilai rata-ratas siswa adalah 80,13 dengan presentase ketuntasan klasikal 78% ini berarti ketuntasan klasikal kelas VII-D telah tercapai. Rata-rata hasil observasi guru adalah 86,6% berada pada kategori baik dan rata–rata hasil observasi siswa adalah 90,35% berada kategori sangat baik. Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang sudah ditetapkan. Sehingga pembelajaran INDAH pada materi segi empat di SMP Negeri 1 Sutojayan ini dapat dinyatakan berhasil. Kata Kunci: Pembelajaran, INDAH, Segi Empat Abstract: Teachers can apply learning that emphasizes the interpretation of questions in accordance with the concept of rectangular material. The INDAH learning model is the right model. This type of research is classroom action research at SMP Negeri 1 Sutojayan. The instruments used were student activity sheets, final tests, and observations. The results of data analysis showed that the average score of the student activity sheets at the 1st and 2nd meetings was 77.8 and with classical completeness 75% of the number of students in the class. The student's final test with an average score of 80.13 students with a percentage of 78% classical completeness means that the class VII-D classical mastery has been achieved. The average teacher observation results are 86.6% in the good category and the average student observation results are 90.35% in the very good category. This is in accordance with the success criteria that have been set. So that INDAH learning on rectangular material at SMP Negeri 1 Sutojayan can be declared successful. Keyword: Learning, INDAH, Rectangular

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:937
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:29 Jan 2022 01:28
Last Modified:29 Jan 2022 01:28

Repository Staff Only: item control page