STKIP PGRI BLITAR

KOMPETENSI YANG MENDUKUNG PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

Miranu , Triantoro and Udin , Erawanto (2022) KOMPETENSI YANG MENDUKUNG PERAN GURU DALAM MEWUJUDKAN PROFIL PELAJAR PANCASILA. Cakrawala Pendidikan, 26 (1). pp. 100-110. ISSN 1410-9883

[img]PDF
443Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Guru menjadi unsur utama dalam menerapkan sebuah kebijakan dan inovasi pendidikan, Oleh karena itu kebijakan pemerintah melalui kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang menerapkan kurikulum baru yang diberi nama “Merdeka Belajar” senantiasa menuntut seorang guru untuk memiliki kompetensi yang diharapkan untuk menjalankannya, seiring dengan keebijakan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila yang dicanangkan. Melalui metode analisa diskriptif yang dilakukan dalam proses pengkajian maka terdapat beberapa kompetensi yang seharusnya dimiliki oleh seorang guru yang professional dalam menjalankan perannya, yaitu: (1) menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi; (2) mampu mengelola proses pembelajaran dengan baik (3) mampu untuk melakukan komunikasi sosial yang baik (4) mampu untuk menguasai teknik-teknik pembimbingan. Dengan memiliki beberapa kemampuan atau kompetensi yang mendukung tersebut di atas, maka profil pelajar Pancasila yang diharapkan dapat terwujud dengan baik. Oleh karena itu setiap guru harus benar-benar memiliki kemauan untuk meningkatkan kompetensinya dalam menjalankan profesinya sebagai guru dengan baik. Kata Kunci : kompetensi; peran guru, profil pelajar Pancasila Abstract: Teachers are the main element in implementing educational policies and innovations, therefore, government policy through the Ministry of Education and Culture which implements the new curriculum named “Merdeka Belajar” always requires a teacher to have the competencies that are expected to carry it out, in line with the policy to realize the Pancasila student profile that was launched. Through the descriptive analysis method carried out in the assessment process, there are several competencies that should be possessed by a professional teacher in carrying out their roles, namely: (1) mastering Science and Technology; (2) able to manage the learning process well (3) able to carry out good social communication (4) able to master coaching techniques. By having several abilities or competencies that mentioned above, the profile of Pancasila students is expected to be realized well. Therefore, every teacher must really have the will to improve his competence in carrying out his profession as a teacher well. Keywords: competence; teacher's role, profile of Pancasila student

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:955
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:22 Aug 2022 05:21
Last Modified:22 Aug 2022 05:21

Repository Staff Only: item control page