STKIP PGRI BLITAR

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMPN 2 DOKO

Rindang , Karenia and Mohamad , Khafid Irsyadi and Kristiani, Kristiani (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA POKOK BAHASAN PRISMA DAN LIMAS KELAS VIII SMPN 2 DOKO. Cakrawala Pendidikan, 26 (1). pp. 143-150. ISSN 1410-9883

[img]PDF
455Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Scramble pada materi prisma dan limas kelas VIII SMPN 2 Doko. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari satu siklus. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes dan lembar observasi. Kebehasilan penelitian ini dapat dilihat dari tiga instrument yaitu hasil observasi aktivitas guru penelitian memiliki skor 89,65% dengan kategori baik dan observasi aktivitas siswa peneliti memiliki skor 87,27% dengan kategori baik. Pada tes akhir siklus ketuntasan klasikal telah mencapai 96% dengan kategori sangat baik sedangkan pada lembar kerja siswa mencapai skor 85% dengan kriteria baik. Kata Kunci: scramble, materi bangun ruang sisi datar Abstract: The purpose of this study was to describe the application of Scramble learning to class VIII prism and pyramid material in SMPN 2 Doko. This research is a classroom action research (CAR) consisting of one cycle. The instruments used in this study were tests and observation sheet. The success of this study can be seen from three instruments, namely the observation of teacher activities with completeness criteria more than equal to 80% and the study has a score of 89.65% with good categories and observation of student activities with completeness criteria 80% and researchers have a score of 87.27% in good category. In the final test the classical completeness cycle has reached 96% with a very good category while on the worksheet students achieve a score of 85% with good criteria. Keywords: scramble, material builds flat-side space

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:959
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:22 Aug 2022 05:47
Last Modified:22 Aug 2022 05:47

Repository Staff Only: item control page