STKIP PGRI BLITAR

ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA

Sitta , Khoirin Nisa (2022) ANALISIS KESALAHAN MAHASISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA. Cakrawala Pendidikan, 26 (1). pp. 151-160. ISSN 1410-9883

[img]PDF
494Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita karena kurangnya pemahaman konsep matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan mahasiswa dalam menyelesaikan soal cerita materi fungsi kuadrat Prodi Pendidikan Matematia UNIPA Kampus Blitar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan 3 kategori kesalahan menurut Lerner yaitu konsep, keterampilan, dan pemecahan masalah. Hasil penelitian ini yaitu mahasiswa belum memenuhi 3 kategori kesalahan menurut Lerner. Penyebabnya yaitu mahasiswa dari kategori tinggi, sedang dan rendah masih melakukan kesalahan konsep, keterampilan, dan pemecahan masalah dalam menyelesaikan soal cerita mengenai materi Fungsi Kuadrat khusunya Aplikasi Fungsi Kuadrat dalam Kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: analisis, kesalahan mahasiswa, soal cerita, fungsi kuadrat Abstract: This research was motivated by students’ errors in solving story problems due to lack of understanding of mathematical concepts. The purpose of this study was to describe student errors in solving story problems on the quadratic function of Mathematics Education Study Program UNIPA Kampus Blitar. The type of research used is qualitative research. This study uses 3 categories of errors according to Lerner, namely concepts, skills, and problem solving. The results of this study are students have not met the 3 categories of errors according to Lerner. The reason is that students from the high, medium and low categories still make mistakes in concepts, skills, and problem solving in solving story problems regarding the material of Quadratic Functions, especially the Application of Quadratic Functions in Daily Life. Keyword: analysis, students’ errors, story problems, quadratic function

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:960
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:22 Aug 2022 05:52
Last Modified:22 Aug 2022 05:52

Repository Staff Only: item control page