STKIP PGRI BLITAR

LINGUISTIC ERRORS ON THE COMPOSITIONS MADE BY SECOND YEAR STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT OF UNIPA KAMPUS BLITAR

Dessy , Ayu Ardini (2022) LINGUISTIC ERRORS ON THE COMPOSITIONS MADE BY SECOND YEAR STUDENTS OF ENGLISH DEPARTMENT OF UNIPA KAMPUS BLITAR. Cakrawala Pendidikan, 26 (2). pp. 1-10. ISSN 1410-9883

[img]PDF
1003Kb

Official URL: http://digilib.stkippgri-blitar.ac.id

Abstract

Abstrak: Kesalahan siswa dapat terjadi dalam berbicara dan menulis. Namun, penulis berfokus pada kesalahan dalam menulis karena menulis lebih merupakan upaya sadar daripada berbicara. Mengingat fakta-fakta yang dikemukakan di atas, perlu dilakukan penyelidikan terhadap kesalahan linguistik tulisan. Oleh karena itu, penelitian deskriptif kualitatif ini mencoba mengidentifikasi dan mengklasifikasikan kesalahan linguistik yang dilakukan oleh mahasiswa tahun pertama Jurusan Bahasa Inggris UNIPA Kampus Blitar. Untuk mengetahui kesalahan frekuensi yang mereka buat. Dalam penelitian ini penulis mengambil mahasiswa tahun pertama karena mahasiswa dipilih secara purposive hanya mahasiswa yang sudah lulus karangan saja yang diambil sebagai subjek penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah komposisi, yang diberikan kepada mahasiswa tahun pertama Jurusan Bahasa Inggris UNIPA Kampus Blitar. Ada 25 komposisi yang dihasilkan oleh mahasiswa. Secara teknis, data kesalahan berdasarkan strategi permukaan dikumpulkan dari masing-masing komposisi dengan melakukan prosedur sebagai berikut. Pertama, setiap komposisi dibaca secara menyeluruh, akurat, dan kritis untuk mengidentifikasi kesalahan. Setelah itu, kesalahan yang teridentifikasi sebelumnya ditulis ulang dalam daftar korpus data terpisah untuk analisis lebih lanjut. Peneliti melakukan penulisan ulang komposisi dalam bentuk kata, frase dan kalimat agar sesuai dengan penggunaan standar. Berikut hasil analisisnya; terdapat 219 kesalahan yang ditemukan oleh peneliti; terdapat kesalahan penghilangan, kesalahan penjumlahan, kesalahan pembentukan, kesalahan pengodean. Untuk kesalahan omission terdapat 50 (22,83%), 28 (12,79%) adalah kesalahan penambahan, 132 (60,27%) adalah kesalahan salah bentuk dan 9 (4,11%) adalah kesalahan pengurutan. Dan untuk kategori linguistik terdapat 30 kesalahan pengucapan (13,70%), kata sandang tak tentu 5 kesalahan (2,28%), kasus posesif 2 kesalahan (0,91%), kesalahan tenses 79 (36,07%), 16 kesalahan konjungsi ( 7,31%), 25 kesalahan preposisi (11,42%), 4 kesalahan kata kerja (1,83%), 18 kesalahan kosakata atau diksi (8,22), 17 kesalahan menjadi (7,76%), 6 kesalahan aturan jamak (2,74%) ), 17 kesalahan susunan kata (7.76). Jadi total jumlah semua kesalahan yang ditemukan adalah 219 kesalahan. Berdasarkan Surface Strategy, error misformation taksonomi merupakan jenis error yang paling dominan. Ada 132 kesalahan (60,27%). Dan untuk kesalahan tenses linguistik yang paling dominan adalah kesalahan 79 (36,07%). Mendapatkan data dari hasil otentik di atas, dapat diambil beberapa kesimpulan atau interpretasi bahwa pembelajar masih mendapatkan beberapa masalah dalam belajar bahasa Inggris. Kata kunci : kesalahan linguistik, komposisi Abstract: Students errors may occur in speaking and writing. But, the writer focuses on the errors on writing because writing is more conscious effort than speaking. Considering the facts stated above, it needs to do investigation on the linguistic error in writing. That’s why, this descriptive qualitative reseach tries to identify and classify linguistic error which is made by second years students of English Department of UNIPA Kampus Blitar. To know the frequency error they made. In this study the writer takes the second years students because the students were selected purposively only the students who already passed the compositions were taken as subject of this study. The instrument used in this research is composition, which is given to second years students of English Department of UNIPA Kampus Blitar. There are 25 compositions produced by the students. Technically, the data of errors based on the surface strategy are collected from each composition by conducting the following procedures. Firstly, each composition is read thoroughly, accurately, and critically to identify the errors. Afterward, the previous identified errors are rewritten in the separate list of data corpus for further analysis. The researcher does rewriting the composition in the form of words, phrases and sentences to make it conform to standard usage. The following is the result of the analysis; there were 219 errors found by researcher; there are omission errors, addition error, misformation error, misodering error. For omission error there were 50 (22.83%), 28 (12.79%) were errors of addition, 132 (60.27%) were errors misformation and 9 (4.11%) were errors of ordering. And For Linguistic category there were 30 errors in pronunciation ( 13.70%), 5 errors of indefinite article (2.28%), 2 errors of possessive case (0.91%), errors of tenses is 79 (36.07%), 16 errors in conjunction (7.31%), 25 errors of preposition (11.42%), 4 errors of verb (1.83%), 18 errors of vocab or diction (8.22), 17 errors of to be (7.76%), 6 errors of plural rule (2.74%), 17 errors of word order (7.76). So the total numbers of all errors were 219 errors found. Based on Surface Strategy taxonomy misformation error was most dominant type of errors. There were 132 errors (60.27%). And for linguistic error tenses is most dominant error 79 (36.07%). Getting the data from the authentic result above, it can be taken some conclusion or interpretation that, the learners still get some problems in learning English. Keywords : linguistic errors, composition

Item Type:Article
Subjects:L Education > L Education (General)
Divisions:Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
ID Code:973
Deposited By:DRS. KADENI, SE.,M.Pd .,MM
Deposited On:25 Feb 2023 05:27
Last Modified:25 Feb 2023 05:27

Repository Staff Only: item control page